| dc.description.abstract |
IRAYAN SOFIANI, NIM 11733015. Pengelolaan Program Tahfidz
Qur’an Di SD IT Al-fityan School Pal 7 Kubu Raya : Fakultas Ushuluddin
Adab dan Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam terkait:
Bagaimana perencanaan ipengelolaan program itahfiz iqur’an diiSD IT Al
fityan School Kubu Raya. Bagaimana penggorganisasian pengelolaan
programitahfiz iqur’an diiSD ITiAl-fityan iSchool Kubu Raya. Bagaiamana
pelaksanaan ipengelolaan program itahfiz iqur’an diiSD IT Al-fityan
iSchool Kubu Raya. Bagaimana monitoring dan evaluasi pengelolaan
program tahfiz iqur’an diiSD IT Al-fityan iSchool Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder.
Sedangkan teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang di lakukan dengan cara reduksi data,
penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program
tahfidz qur’an di SD IT Al-fityan school Kubu Raya. Perencanaan program
tahfidz qur’an di SD IT Al-fityan school di lakukan setiap awal tahun
pembelajaran melibatkan tiga pihak yaitu, Kepala sekolah dan yayasan dan
musyrif tarbawiy serta pj al-qur’an dengan tujuan untuk membenahi bacaan
atau memperbaiki bacaan al-qur’an para siswa agar dapat lulus dengan
target 2 juz dalam kurun waktu 6 tahun sebagaimana yang telah
disampaikan bahwasannya hafalan ini menjadi target utama yang ingin
dicapai dengan ini adanya program tahfidz dapat menentukan pembelajaran
al-qur’an dengan jumlah guru 10 orang serta siswa 246. Pengorganisasian
bahwa adanya ketua, ada pj al-qur’an, ada koordinator-koordinator serta
para pengajar al-qur’an yang terlibat didalam program tahfidz qur’an
dengan tugas dan wewenang masing-masing jabatan sehingga dalam
program ini dapat berjalan dengan sesuai yang diingin kan. pelaksanaan
program tahfidz qur’an yaitu dimulai di pagi hari selesai sholat dhuha
sampai dzuhur yakni dilakukan 2 jam perhari dalam satu kelas dengan
pembagian 3 kelompok beserta 3 guru yang mengampu siswa perkelompok
dengan menggunakan metode talaqqi. monitoring dan evaluasi program
tahfidz qur’an dilakukan oleh orang-orang yang terlibat didalam proses
perencanaan, penggorganisasian, serta pelaksanaan dimana masing-masing
sudah ada wewenang nya. Hal ini dilakukan monitoring dan evaluasi guna
untuk mengetahui sejauh mana perencanaan serta pelaksanaan dapat
berjalan dengan baik. Proses monitoring dan evaluasi dalam hal ini
dilakukannya penilaian atau ujian disetiap akhir semester. |
en_US |