PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA "POP UP BOOK" SUB TEMA BINATANG DI DARAT TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK AULIA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Fitriani, Ela
dc.date.accessioned 2025-08-28T03:31:44Z
dc.date.available 2025-08-28T03:31:44Z
dc.date.issued 2025-08-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7571
dc.description.abstract ELA FITRIANI, Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Pop Up Book Sub Tema Binatang Di Darat Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di TK Aulia Pontianak. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2025. Perkembangan bahasa pada anak akan memudahkan anak untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Metode bercerita dengan bantuan media pop up book adalah salah satu cara agar dapat mengstimulasi perkembangan bahasa pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang; (1) penggunaan metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di darat (2) perkembangan bahasa anak di TK Aulia Pontianak, (3) pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di darat terhadap perkembangan bahasa anak di TK Aulia Pontianak, (4) besar pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di darat terhadap perkembangan bahasa anak di TK Aulia Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain true experimental design dengan teknik penelitian posttest-only control design. Lokasi penelitian di TK Aulia Pontianak. Adapun populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas B dan sampel penelitian ini adalah kelas B1 dengan jumlah peserta didik 18 anak dan B2 dengan jumlah peserta didik 18 anak. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sedangkan variabel terikatnya yaitu perkembangan bahasa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (lembar observasi), checklist (lembar checklist) dan dokumentasi (dokumen-dokumen pendukung). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif (modus, mean, median, varians dan standar deviasi), uji prasyarat analisis (normalitas) dan analisis statistik inferensial (parametrik uji paired sample t-test). Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) penggunaan metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di darat sudah dilaksanakan dengan langkah-langkah metode bercerita secara sistematis; (2) perkembangan bahasa bahasa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 88 dan rata-rata di kelas kontrol sebesar 65; (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di darat terhadap perkembangan bahasa anak berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima; (4) besar pengaruh metode bercerita berbantuan media pop up book sub tema binatang di darat terhadap perkembangan bahasa anak yaitu menggunakan uji effect size mendapatkan nilai sebesar 3,22 > 0,8 berdasarkan interpretasi indeks menunjukkan kategori besar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Bercerita en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.subject Perkembangan Bahasa en_US
dc.title PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA "POP UP BOOK" SUB TEMA BINATANG DI DARAT TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK AULIA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account