IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KOLABORATIF BERBASIS KOMPETENSI GURU ERA 4.0 DI TAHFIDZULANAK USIA DINI SAHABAT QUR’AN CAHAYA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Raihana, Raihana
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author Prisuna, Mega Armeilita
dc.date.accessioned 2025-08-27T06:03:27Z
dc.date.available 2025-08-27T06:03:27Z
dc.date.issued 2025-07-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7553
dc.description.abstract MEGA ARMEILITA PRISUNA. Implementasi pendidkan kolaboratif berbasis kompetensi guru era 4.0 di Tahfidzul Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Cahaya Pontianak. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negri Pontianak (IAIN) Pontianak 2025. Penelitian ini dilatar belakangi dengan era 4.0 yang sangat membawa perubahan dalam dunia pendidikan maka peneliti menemukan bahwa ada enam kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran terutama dalam pendidkan kolaboratif yang efektif antara lembaga pendidikan dan orang tua murid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)Kompetensi guru era 4.0 menjawab tujuan pendidikan kolaboratif di TAUD SaQu cahaya Pontianak, 2) Bentuk implementasi pendidikan kolaboratif di TAUD SaQu Cahaya Pontianak, 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan kolaboratif di TAUD SaQu Cahaya Pontianak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus , Sumber data primer dalam penelitian ini hasil dari wawancara dan observasi yang di peroleh dari informan. Data sekunder dari penelitian ini adalah TU TAUD SaQu Cahaya Pontianak serta dokumen-dokumen pendukung dalam penelitian. Analisa data peneliti menggunakan aplikasi NVivo 12 yang membantu peneliti memetakan hasil penelitian sehingga peneliti dapat menyimpulkan dari hasil yang ditampilkan, Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) kompetensi guru era 4.0 di TAUD SaQu Cahaya Pontianak guru sudah mampu memeliki 6 kompetensi yang ada yakni Critical Thinking and Problem solving, Communication and collaborative skill, Creativity and innovative skill, Information and communication technology literacy, Contextual learning skill, Information and media literacy. 2) pendidikan kolaboratif di TAUD SaQu Cahaya Pontianak sangat berpengaruh langsung terhadap pencapaian akademis dan perkembangan sosial anak ada 6 tipe keterlibatan orang tua yakni Parenting, komunikasi, kesukarelaan, pembelajar di rumah, pengambilan keputusan, berkolaborasi dengan Masyarakat. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam kerja sama orang tua dan guru yakni terlaksananya kegiatan Hiwari dan monitoring anak secara berkelanjutan, motivasi penguat untuk murid dan juga orang tua, pembagian peran yang jelas, komitmen bersama dalam mendampingi menghafal Al-Qur’an dan faktor penghambat kerja sama guru dan orang tua yaitu: minimnya komunikasi karena kesibukan orang tua, selain itu adanya rasa kurang percaya diri dari orang tua ketika membimbing anak menghafal di rumah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kompetensi guru en_US
dc.subject era 4.0 en_US
dc.subject kerja sama orang tua en_US
dc.title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KOLABORATIF BERBASIS KOMPETENSI GURU ERA 4.0 DI TAHFIDZULANAK USIA DINI SAHABAT QUR’AN CAHAYA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account