PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK MIX MAZE PADA SUBTEMA BINATANG AIR DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-IQDAM KABUPATEN SEKADAU TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Kurniasih, Anisa
dc.date.accessioned 2025-08-27T03:53:49Z
dc.date.available 2025-08-27T03:53:49Z
dc.date.issued 2025-07-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7552
dc.description.abstract ANISA KURNIASIH (12011035), Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Mix Maze Sub Tema Binatang Air di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Iqdam Kabupaten Sekadau. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang tersedia di TK Islam Al-Iqdam Kabupaten Sekadau, pada tema binatang di air khususnya pada binatang laut. Materi tentang binatang di air belum diajarkan secara mendalam. Selain itu kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih secara konvensional. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan inovasi dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book yang dikombinasikan dengan maze untuk meningkatkan keterlibatan anak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, bagaimana tahapan define, design, develop, dan Disseminate dalam pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Mix Maze untuk penguatan subtema binatang air di TK Islam Al-Iqdam Kabupaten Sekadau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development dengan mengacu pada model 4D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran atau Mixed Method.Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik wawancara, expert judgement, kuesioner serta dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar hasil wawancara, lembar validasi, dan lembar kuesioner. Data yang terkumpul di analisis secara deskriftif kualitatif untuk dilakukan terhadap hasil wawancara, serta dokumentasi. Teknik ini digunakan untuk menganalisis respons dan pengalaman subjek penelitian, baik dari guru maupun anak-anak dalam menggunakan media pembelajaran Pop Up Book Mix Maze. Serta Kuantitatif untuk mengukur hasil angket/kuesioner yang telah diberikan kepada ahli media dan materi, serta guru PAUD. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan skor hasil rata-rata 3,83. Ahli materi mendapatkan hasil skor rata-rata 4. uji lapangan dengan dua tahap yaitu uji coba terbatas yang mendapatkan skor rata-rata 4. Kemudian uji coba skala luas memperoleh skor rata-rata 3,90. Tahap terakhir, peneliti menyebarluaskan hasil pengembangan media ke dua sekolah yang berbeda dengan sekolah uji coba awal dan mendapat respon positif dari keduanya. Nilai rata-rata yang di dapat dari dua sekolah adalah 4. Dari hasil skor rata-rata menunjukkan bahwa Pop Up Book Mix Maze subtema binatang air mendapat kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran anak usia dini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Anak usia dini en_US
dc.subject pop up book en_US
dc.subject media pembelajaran en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK MIX MAZE PADA SUBTEMA BINATANG AIR DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-IQDAM KABUPATEN SEKADAU TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account