| dc.description.abstract |
SITI NURTANTY, Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel Berbasis Keborneoan Pada Sub Tema Hewan Bersayap Untuk Mengenalkan Nilai Kesopanan Pada Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mengenalkan nilai kesopanan berbasis budaya lokal pada anak usia dini melalui media buku dongeng fabel di Raudlatul Athfal Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, mengingat penggunaan media pembelajaran. yang masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana prosedur pengembangan media buku dongeng fabel berbasis keborneoan pada sub tema hewan bersayap untuk pembelajaran bagi anak usia dini. 2) Mendeskripsikan bagaimana tingkat efektivitas media buku dongeng fabel berbasis keborneoan pada sub tema hewan bersayap untuk pembelajaran bagi anak usia dini yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah R & D (Research and Development) dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di jalan Prof. M. Yamin, Sungai Bangkong. Kec Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat Yaitu Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementrian Agama Prov. Kalbar. Subjek penelitian ini ialah siswa dan guru Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementrian Agama Prov. Kalbar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Expert Judgement, Kuesioner dokumentasi. Alat dalam mengumpulkan data penelitian terdiri dari pedoman wawancara, Lembar Validasi Ahli, Lembar Kuesioner dan Dokumen Pendukung. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu tahap mengubah nilai yang diperoleh dari angket menjadi skor, Data kuantitatif yang diperoleh dari angket ahli materi dan ahli media, Data yang telah didapat dari setiap penilaian akan disesuaikan dengan kriteria kualitatif
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Prosedur pengembangan dilakukan dengan tahap Pendefinisian untuk menganalisis media sesuai karakter anak, serta tahap Perancangan media melalui pemilihan buku yang sesuai, dan tahap Pengembangan melalui validasi ahli dan uji coba pengembangan. Tahap lainnya yaitu penyebarluasan pengembangan setelah tahapan dilaksanakan sesuai pengamatan. 2) Efektivitas media buku dongeng fabel berdasarkan respon guru mampu mendukung perkembangan moral anak melalui dorongan rasa penasaran dan antusiasme pembelajaran, serta memenuhi aspek peraktis dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan sisi kepuasan guru merasa bahwa media buku dongeng fabel mendukung proses pembelajaran, sehingga lebih efektif menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini |
en_US |