| dc.description.abstract |
ZULPA SALEHA NIM 1211044. Penerapan Metode Bercerita pada Tema Binatang melalui Media Ritatoon dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak di RA Hidayatul Mustaqim Temenang. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendiskripsikan kemampuan menyimak anak usia dini di RA Hidayatul Mustaqim Temenang sebelum penerapan metode bercerita melalui media ritatoon, 2) Untuk mendiskripsikan kemampuan menyimak anak usia dini di RA Hidayatul Mustaqim Temenang setelah penerapan metode bercerita melalui media ritatoon, 3) Untuk mendiskripsikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menyimak anak usia dini di RA Hidayatul Mustaqim Temenang, sebelum dan setelah penerapan metode bercerita melalui media ritatoon.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran, yaitu menggabungkan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak Perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, checklist, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode bercerita melalui media ritatoon, kemampuan menyimak anak rata-rata berada pada kategori BSH dengan persentase 53%. Setelah penerapan metode bercerita pada siklus I, kemampuan menyimak meningkat menjadi 72%. Pada siklus II terjadi peningkatan signifikan menjadi 88% dan termasuk dalam kategori BSB. Dengan demikian, penerapan metode bercerita pada tema binatang melalui media ritatoon dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak di RA Hidayatul Mustaqim Temenang. |
en_US |