| dc.description.abstract |
TRIA OKTA FIYANI, 12014060, Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 13 Pontianak. Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Adab, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Seberapa besar tingkat dukungan sosial keluarga pada siswa SMP Negeri 13 Pontianak. (2) Seberapa besar tingkat kemandirian belajar siswa SMP Negeri 13 Pontianak. (3) Seberapa besar hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 13 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 11 Kelas yang berjumlah 385 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan 20% dari jumlah populasi yang berarti sampel dalam penelitian ini 77 siswa dengan pendekatan simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial keluarga dan skala kemandirian belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan yaitu (1) Dukungan sosial keluarga pada siswa SMP Negeri 13 Pontianak berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 53%. (2) Kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 13 Pontianak berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 50%. (3) Hasil penelitian memperlihatkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial keluarga dengan kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 13 Pontianak dengan korelasi sebesar 0, 699. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan dukungan sosial keluarga dengan kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 13 Pontianak dengan nilai prsentase 47%. |
en_US |