PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA KAUM IBU-IBU DI MASJID ISMUHU YAHYA KUBU RAYA DENGAN MENGGUNAKAN KITAB TSAQIFA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Komalasari, Komalasari
dc.contributor.author Lubisa, Ardila
dc.date.accessioned 2025-08-21T00:54:46Z
dc.date.available 2025-08-21T00:54:46Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7476
dc.description.abstract Ardila Lubisa, 11811064. Pembelajaran Al-Qur’an Pada Kaum Ibu-Ibu di Masjid Ismuhu Yahya Kubu Raya dengan Menggunakan Kitab Tsaqifa, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025 M/1447 H. Latar belakang adanya penelitian ini dikarenakan masih banyak penduduk muslim Indonesia yang buta aksara Al-Qur’an dan ini juga dialami oleh masyarakat sekitar masjid Ismuhu Yahya terutama kaum ibu-ibu. Melihat fakta ini, masjid Ismuhu Yahya berinisiatif membuat dan melaksanakan program pembelajaran Al-Qur’an untuk masyarakat. Uniknya lagi di masjid Ismuhu Yahya menggunakan kitab yang belum ramai digunakan oleh banyak orang yaitu kitab Tsaqifa. Kitab Tsaqifa karya ustadz Umar Taqwim merupakan kitab yang dirancang khusus bagi orang dewasa yang sibuk bekerja, agar memudahkan dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan waktu yang singkat yaitu 5x pertemuan sudah bisa baca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap awal, inti dan akhir dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an pada kaum ibu-ibu di Masjid Ismuhu Yahya dengan menggunakan kitab Tsaqifa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Tahap awal pembelajaran diawali dengan ustadzah mengucapkan salam dan berdoa, dilanjutkan dengan ustadzah memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. 2) Tahap inti pembelajaran meliputi penyampaian materi kitab Tsaqifa, penggunaan media pembelajaran, metode pembelajaran dan interaksi antara ustadzah dan ibu-ibu ketika pembelajaran. 3) Tahap akhir pembelajaran, ustadzah memberikan pertanyaan secara lisan dengan tujuan agar kaum ibu-ibu mengingat kembali materi yang sudah dipelajari, kemudian ustadzah menyimpulkan materi yang telah disampaikan, memberikan motivasi berupa pesan dan nasehat dan diakhiri dengan doa kafaratul majelis dan salam. Dari data hasil tes ujian dapat disimpulkan bahwa kitab Tsaqifa berhasil membantu kaum ibu-ibu dalam belajar membaca Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Tahap Pembelajaran en_US
dc.subject Kitab Tsaqifa en_US
dc.subject Kaum Ibu-Ibu en_US
dc.title PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA KAUM IBU-IBU DI MASJID ISMUHU YAHYA KUBU RAYA DENGAN MENGGUNAKAN KITAB TSAQIFA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account