dc.description.abstract |
FAUZI FATHUL HUDA, Konsep Pendidikan Islam Menurut K. H. Ahmad Dahlan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Konsep Pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan. 2) Hasil apa yang dicapai oleh K.H. Ahmad Dahlan dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.
peneliti ini menggunakan pendekatan secara kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang dapat diartikan sebagai prosedur atau cara memecahkan masalah penelitian dengan memaparkan keadaan obyek yang diselidiki, berdasarkan fakta- fakta aktual pada saat sekarang.
Hasil dari penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan yaitu : Merubah cara mengajar dan belajar dari sistem sorogan ke sistem klasikal. Bahan pelajaran yang diberikan tidak hanya pelajaran agama tapi juga pelajaran umum. Beliau memperkenalkan rencana pembelajaran yang teratur. Pendidikan diluar waktu belajar diselenggarakan di dalam asrama yang terpimpin secara teratur. |
en_US |