dc.description.abstract |
Bayu. 11901105. “Peran Guru Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs N 2 Melawi” Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Latar belakang studi awal menunjukan bahwa peran guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter pada siswa memiliki beberapa masalah dalam membentuk karakter religius. Banyaknya siswa melanggar aturan mengikuti kegiatan religius. Contohnya banyaknya siswa yang melanggar aturan untuk melaksanakan sholat wajib di sekolah, dan tidak sedikit siswa yang malas dalam mengikuti beberapa pelajaran. Penelitian ini bertujuan, 1) mengidentifikasi dan menganalisis peran guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa, 2) faktor pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data guru aqidah akhlak, dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan berupa: kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data berupa triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MTs N 2 Melawi, diantaranya yaitu sebagai fasilitator, pembimbing, model, evaluator, motivator, agen kognitif, penilaian dan evaluasi. Pembentukan karakter religius dilakukan melalui pembiasaan. Faktor yang mendukung karakter religius siswa di MTs N 2 Melawi antar lain: Peran aktif dari guru dalam memberikan contoh dan kepedulian kepada siswa. Sedangkan faktor yang menghambat pembentukan karakter religius pada siswa yaitu kurangnya kesadaran dari diri siswa itu sendiri dan lingkungan sekolah. |
en_US |