UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS XI SMA MUJAHIDIN PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Sugiatno, Septian Utut
dc.contributor.author Utami, Putri
dc.date.accessioned 2025-08-20T06:38:22Z
dc.date.available 2025-08-20T06:38:22Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7461
dc.description.abstract PUTRI UTAMI 11811215. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bermula dari pentingnya penguasaan keterampilan membaca Al-Qur'an bagi siswa yang beragama Islam. Namun kenyataannya, tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan tajwid dan bacaan yang tepat, kemudian Upaya guru PAI meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, serta apa saja Faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak dalam membaca Al-Qur’an; (2) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak; (3) Faktor penghambat dan pendukung siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah guru. Alat pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data, dan menarikan Kesimpulan. Sedangkan Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member chek. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak adalah 80% siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dan 20% nya masih dalam tahap mengenali huruf hijaiyah serta Panjang pendek bacaan, (2) Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak yaitu dengan menggunakan metode Iqra’ pada saat tadarusan dan mengelompokkan siswa sesuai dengan Tingkat bacaan Al-Qur’annya saat Tahsin dihari jum’at, dan adanya tutor sebaya. (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMA Mujahidin Pontianak yaitu kurangya waktu belajar membaca Al-Qur’an dalam seminggu hanya diberikan waktu 15 menit, keterbelakangan mental, kurangnya pengetahuan dan pemahaman terhadap tajwid, serta lingkungan keluarga. Dan faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak yaitu dengan adanya sarana pembelajaran Al-Qur’an serta adanya siswa yang lebih pintar dalam setiap kelompok. Adanya motivasi guru dan minat baca dari siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya Guru PAI en_US
dc.subject Membaca Al-Qur'an en_US
dc.title UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS XI SMA MUJAHIDIN PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account