dc.description.abstract |
Nur Alia, Analisis Deskriptif Kepada Anak Autisme Spectrum Disorder dengan Keterlambatan Kemampuan Berbahasa di Sekolah Inklusif TK Sekolah Islam Muhammad Al-fatih (SIMA) Pontianak, Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlambatan kemampuan berbahasa pada anak dengan Autisme Spectrum Disorder (ASD) di TK SIMA Pontianak. Keterlambatan berbahasa merupakan salah satu ciri khas pada anak dengan ASD, yang memengaruhi kemampuan komunikasi verbal maupun nonverbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan orang tua dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak dengan ASD di TK SIMA Pontianak mengalami keterlambatan dalam aspek bahasa reseptif dan ekspresif. anak cenderung kesulitan memahami instruksi sederhana, menunjukkan respons verbal anak terbatas, serta menggunakan satu atau dua kata dalam berbahasa. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan ini meliputi kondisi neurologis anak, kurangnya stimulus bahasa, dan keterbatasan interaksi sosial. Hasil dari penelitian ini bahwa anak dengan ASD memerlukan pendekatan pembelajaran yang individual dan intensif, termasuk intervensi terapi wicara dan dukungan lingkungan yang konsisten untuk membantu mengembangkan kemampuan bahasa anak. |
en_US |