FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU NASABAH PRODUK TABUNGAN WADIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syaifullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Aji Usman, Sandi
dc.contributor.author Ana
dc.date.accessioned 2022-06-16T02:24:14Z
dc.date.available 2022-06-16T02:24:14Z
dc.date.issued 2019-01-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/744
dc.description.abstract Permasalahan dalam praktik perbankan syariah harus diatasi. Salah satu tujuannya untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Apabila hal itu terjadi, maka pencapaian kestabilan sistem keuangan sulit diperoleh. Maka dari itu pihak bank syariah harus bisa meyakinkan nasabah untuk menabung. Sebab calon anggota nasabah cenderung meragukan dan menganggap tabungan wadiah menghambat pencairan dananya serta calon anggota nasabah beranggapan pula bahwa bonus yang diberikan pihak bank syariah adalah riba. Hal ini perlu adanya perhatian khusus dari manajemen agar calon nasabah bisa yakin yaitu dengan meningkatkan pelayanan terhadap faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) Untuk mengetahui apakah faktor budaya, 2) faktor sosial, 3) faktor pribadi, 4) faktor psikologi, dan 5) Untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan dalam mempengaruhi perilaku nasabah terhadap produk tabungan wadiah pada PT BNI Syariah Cabang Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data data primer dengan memberikan kuesioner kepada nasabah BNI Syariah Cabang Pontianak dengan sampel sebanyak 30 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk menganalisis penelitian, peneliti menggunakan alat analisis yaitu program SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan Faktor Budaya (X1) berpengaruh positif dan tidak signifkan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah negatif, namun T hitung < T tabel , dengan angka -0,374 < 1,708. Faktor Sosial (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah positif, namun T hitung < T tabel , dengan angka 1,241 < 1,708. Faktor Pribadi (X3) berpengaruh positif dan signifkan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah negatif, serta T hitung < T tabel dengan angka - 1,162 < 1,708. Faktor Psikologi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah positif, namun T hitung < T tabel , dengan angka 5,023 > 1,708. Hasil uji f, nilai F hitung sebesar 8,733 sedangkan nilai F tabel sebesar 2,76 (F hitung > F tabel ) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifkan secara simultan antara variabel independen (Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologi) terhadap perilaku nasabah. Hasil Adjusted R square 0,553 yang berarti 55,3%. Variabel terikat (dependen) dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebasnya (independen), sedangkan sisanya 44,7% dijelaskan oleh variasi variabel lain diluar penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Perilaku Nasabah en_US
dc.subject Perbankan Syariah id
dc.subject Teknik Purposive Sampling id
dc.subject SPSS id
dc.subject Pontianak id
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU NASABAH PRODUK TABUNGAN WADIAH en_US
dc.title.alternative STUDI PADA PT BNI SYARIAH CABANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account