dc.description.abstract |
Permasalahan dalam praktik
perbankan syariah harus diatasi. Salah satu tujuannya untuk menjaga kepercayaan
masyarakat. Apabila hal itu terjadi, maka pencapaian kestabilan sistem keuangan
sulit diperoleh. Maka dari itu pihak bank syariah harus bisa meyakinkan nasabah
untuk menabung. Sebab calon anggota nasabah cenderung meragukan dan
menganggap tabungan wadiah menghambat pencairan dananya serta calon
anggota nasabah beranggapan pula bahwa bonus yang diberikan pihak bank
syariah adalah riba. Hal ini perlu adanya perhatian khusus dari manajemen agar
calon nasabah bisa yakin yaitu dengan meningkatkan pelayanan terhadap faktor-
faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) Untuk mengetahui apakah faktor
budaya, 2) faktor sosial, 3) faktor pribadi, 4) faktor psikologi, dan 5) Untuk
mengetahui faktor apa yang paling dominan dalam mempengaruhi perilaku
nasabah terhadap produk tabungan wadiah pada PT BNI Syariah Cabang
Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan data data primer dengan memberikan kuesioner kepada nasabah
BNI Syariah Cabang Pontianak dengan sampel sebanyak 30 responden.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk
menganalisis penelitian, peneliti menggunakan alat analisis yaitu program SPSS
versi 24.
Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan Faktor Budaya (X1)
berpengaruh positif dan tidak signifkan terhadap perilaku nasabah. Diketahui
bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah negatif, namun T hitung < T tabel , dengan
angka -0,374 < 1,708. Faktor Sosial (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah
positif, namun T hitung < T tabel , dengan angka 1,241 < 1,708. Faktor Pribadi (X3)
berpengaruh positif dan signifkan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa
nilai koefesien dan T hitung adalah negatif, serta T hitung < T tabel dengan angka -
1,162 < 1,708. Faktor Psikologi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah positif,
namun T hitung < T tabel , dengan angka 5,023 > 1,708.
Hasil uji f, nilai F hitung sebesar 8,733 sedangkan nilai F tabel sebesar 2,76
(F hitung > F tabel ) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifkan
secara simultan antara variabel independen (Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor
Pribadi dan Faktor Psikologi) terhadap perilaku nasabah. Hasil Adjusted R square
0,553 yang berarti 55,3%. Variabel terikat (dependen) dapat dijelaskan oleh
variasi variabel bebasnya (independen), sedangkan sisanya 44,7% dijelaskan oleh
variasi variabel lain diluar penelitian ini. |
en_US |