dc.description.abstract |
DYAH RAHMAWATI, Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V di SDN
14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023: Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adannya peraturan dalam sistem
penilaian Kurikulum 2013 tidak hanya menilai pada akhir, namun dalam
pelaksanaan pembelajaran juga harus diterapkan semaksimal mungkin.
Kenyataan di lapangan masih ada guru yang belum melakukan penilaian
sesuai dengan tuntunan Kurikulum 2013. Oleh karena itu, peneliti tertarik
untuk menganalisa pelaksanaan penilaian hasil belajar pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 14 Sungai Raya. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisa 1) Pelaksanaan Penilaian Hasil
Belajar yang dilakukan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk ranah sikap Kelas V SDN 14 Sungai Raya Tahun
Pelajaran 2022/2023. 2) Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar yang dilakukan
pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk ranah
Pengetahuan Kelas V SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. 3)
Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar yang dilakukan pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk ranah Keterampilan di
Kelas V SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer
dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer berupa data yang
diambil dari guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V Tahun
Pelajaran 2022/2023. Sedangkan data sekunder berupa dokumen pendukung
yang peneliti dapatkan di SDN 14 Sungai Raya. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, studi dokumentasi dan wawancara.
Analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, kondensasi
data, display data dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Peneitian
ini peneliti menggunakan pemeriksaan keabsahan data meliputi member
check dan triangulasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapat hasil
bahwa: 1) Pelaksanaan penilaian hasil belajar pada ranah sikap dinilai
dengan kedisiplinan peserta didik, respon perserta didik terhadap informasi
yang diberikan guru, sikap peserta didik dengan guru dan peserta didik lain,
dan keaktifan peserta didik di dalam proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan
penilaian hasil belajar pada ranah pengetahuan dengan cara tes tertulis dan
tes lisan yang menggunakan pilihan ganda dan esai. 3) Pelaksanaan
penilaian hasil belajar ranah keterampilan penilaian harian dengan cara
setoran surah dan pelaksanaan salat berjama’ah sedangkan penilaian
tahuanan dengan membuat agenda lapoaran kegiatan harian pada bulan
Ramadhan. |
en_US |