Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V di SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author RAHMAWATI, DYAH
dc.date.accessioned 2025-08-19T06:44:30Z
dc.date.available 2025-08-19T06:44:30Z
dc.date.issued 2024-06-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7441
dc.description.abstract DYAH RAHMAWATI, Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V di SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adannya peraturan dalam sistem penilaian Kurikulum 2013 tidak hanya menilai pada akhir, namun dalam pelaksanaan pembelajaran juga harus diterapkan semaksimal mungkin. Kenyataan di lapangan masih ada guru yang belum melakukan penilaian sesuai dengan tuntunan Kurikulum 2013. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisa pelaksanaan penilaian hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 14 Sungai Raya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa 1) Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar yang dilakukan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk ranah sikap Kelas V SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar yang dilakukan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk ranah Pengetahuan Kelas V SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar yang dilakukan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk ranah Keterampilan di Kelas V SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer berupa data yang diambil dari guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V Tahun Pelajaran 2022/2023. Sedangkan data sekunder berupa dokumen pendukung yang peneliti dapatkan di SDN 14 Sungai Raya. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, display data dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Peneitian ini peneliti menggunakan pemeriksaan keabsahan data meliputi member check dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapat hasil bahwa: 1) Pelaksanaan penilaian hasil belajar pada ranah sikap dinilai dengan kedisiplinan peserta didik, respon perserta didik terhadap informasi yang diberikan guru, sikap peserta didik dengan guru dan peserta didik lain, dan keaktifan peserta didik di dalam proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan penilaian hasil belajar pada ranah pengetahuan dengan cara tes tertulis dan tes lisan yang menggunakan pilihan ganda dan esai. 3) Pelaksanaan penilaian hasil belajar ranah keterampilan penilaian harian dengan cara setoran surah dan pelaksanaan salat berjama’ah sedangkan penilaian tahuanan dengan membuat agenda lapoaran kegiatan harian pada bulan Ramadhan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penilaian en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.title Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V di SDN 14 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account