dc.description.abstract |
Preferensi Knonsumen adalah pilihan suka tidak suka oleh seseorang
terhadap produk (barang atau jasa) yang dikonsumsi. Preferensi konsumen disini
untuk melihat pilihan konsumen muslim dalam membeli produk minuman merek
lokal atau merek luar negeri. Dalam pilihan disini konsumen melihat faktor-faktor
seperti citarasa,kemasan, kualitas, harga, praktis dan label halal.
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
tingkat preferensi rata-rata konsumen muslim dalam memilih produk minuman
dalam dan luar negeri dari segi rasa, segi kemasan, segi harga, segi kualitas, segi
praktisnya dan segi lebel halalnya. 2. Untuk mengetahui faktor manakah yang
paling dominasi mempengaruhi tingkat preferensi rata-rata konsumen muslim
dalam memilih produk minuman dalam dan luar negeri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dan mengunakan metode komperatif dan deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data
yang digunakan adalah kuesioner. Dengan sampel yang digunakan sebanyak 100
responden konsumen muslim dari berbagai kalangan.
Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa responden konsumen
muslim tidak ada kecendrungan terhadap mengkonsumsi produk minuman merek
lokal atau luar negeri. Bagi responden minuman lokal atau luar negeri sama saja,
karena dalam membeli minuman responden mengutamakan melihat kemasan,
labelisasi halal dan citarasa di bandingkan melihat merek produk. |
en_US |