Pengaruh Keteladanan Guru dan Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Sikap Santun dan Kemampuan Kolaborasi Siswa Man 1 Ketapang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Sumin, Sumin
dc.contributor.author AKBAR, AHMAD
dc.date.accessioned 2025-08-19T03:03:40Z
dc.date.available 2025-08-19T03:03:40Z
dc.date.issued 2025-08-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7436
dc.description.abstract AHMAD AKBAR, NIM 22341028. Pengaruh Keteladanan Guru dan Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Sikap Santun dan Kemampuan Kolaborasi Siswa Man 1 Ketapang. Latar belakang penelitian ini adalah masih ada sebagian siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ketapang yang berperilaku kurang dalam bersikap santun dan berkerja sama antar teman sekelas. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang kurang menghormati guru, kurang empati terhadap sesama teman dan cenderung individualis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) dampak dari keteladanan guru pada sikap santun, 2) dampak dari keteladanan guru pada kemampuan kolaborasi, 3) dampak dari ekstrakurikuler keagamaan pada sikap santun dan 4) dampak dari ekstrakurikuler keagamaan pada kemampuan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif dan eksplanatori. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner dan data skunder yang diperoleh dari berkas resmi sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada 352 siswa. Analisis data menggunakan perangkat lunak Smart PLS untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian analisis efek langsung model SEM-PLS, koefisien jalur yang lebih tinggi menunjukkan hubungan yang lebih kuat, dengan nilai T > 1,96 dan P < 0,05 menunjukkan hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis, semua hipotesis diterima, dimana : 1) Hipotesis 1 dengan koefisien jalur 0,225, T- statistik 2,462, dan P-value 0,014, menunjukkan keteladanan guru berpengaruh signifikan terhadap sikap santun, 2) Hipotesis 2 dengan koefisien jalur 0,210, T- statistik 2,090, dan P-value 0,037, menunjukkan keteladanan guru berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kolaborasi, 3) Hipotesis 3 dengan koefisien jalur 0,708, T-statistik 7,931, dan P-value 0,000, menunjukkan ekstrakurikuler xi keagamaan berpengaruh signifikan terhadap sikap santun dan 4) Hipotesis 4 dengan koefisien jalur 0,695, T-statistik 7,087, dan P value 0,000, menunjukkan ekstrakurikuler keagamaan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kolaborasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keteladanan Guru en_US
dc.subject Ekstrakurikuler Keagamaan en_US
dc.subject Sikap Santun en_US
dc.subject Kemampuan Kolaborasi en_US
dc.subject Pendekatan Kuantitatif en_US
dc.title Pengaruh Keteladanan Guru dan Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Sikap Santun dan Kemampuan Kolaborasi Siswa Man 1 Ketapang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account