dc.description.abstract |
DANTY BUDIANTY, Hubungan antara Dukungan Orangtua dan Resiliensi
pada Peserta Didik Korban Perundungan di SMPN 13 Pontianak: Fakultas
Ushuluddin Adab dan Dakwah Program Studi Psikologi Islam. Institut Agama
Islam Negeri Pontianak Tahun 2024.
Tujuan dilakukannya penelitian ini secara umum adalah untuk menjelaskan
“Hubungan antara Dukungan Orangtua dan Resiliensi pada Remaja Korban
Perundungan di SMP Negeri 13 Pontianak”. Tujuan penelitian di atas dijabarkan
secara khusus oleh peneliti sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui tingkat dukungan
orangtua pada remaja korban perundungan di SMPN 13 Pontianak, 2) Untuk
mengetahui tingkat resiliensi pada remaja korban perundungan di SMPN 13
Pontianak, 3) Untuk menganalisis sifat/arah dan signifikansi hubungan antara
dukungan orangtua dan resiliensi pada remaja korban perundungan di SMPN 13
Pontianak.
Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan metode penelitian korelasional (hubungan). Populasi penelitian ini
berjumlah 250 orang dengan kategori 1) peserta didik kelas 8 di SMPN 13
Pontianak, 2) pernah mengalami perundungan di SMP Negeri 13 Pontianak, 3)
menyatakan kesediaan untuk menjadi responden, dibuktikan dengan mengisi
informed consent yang disediakan peneliti. Sumber data penelitian ini adalah
sampel peserta didik kelas 8 yang pernah mengalami perundungan yang berjumlah
152 orang. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah komunikasi
tidak langsung, observasi, wawancara, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan
secara kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis hubungan
dengan rumus korelasi menggunakan SPSS.
Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Lebih dari setengah dari keseluruhan
peserta didik kelas VIII (sebanyak 250 dari 341 peserta didik) pernah mengalami
perundungan, 2) dukungan yang diberikan orangtua kepada peserta didik termasuk
dalam kategori tinggi dengan sebanyak 63 orang atau 41%, 3) resiliensi yang
dimiliki oleh peserta didik juga termasuk dalam kategori tinggi dengan hasil
sebanyak 82 orang atau 53,8%, 4) dukungan yang diberikan orangtua kepada
peserta didik berhubungan secara signifikan dan positif dengan resiliensi yang
dimiliki oleh peserta didik dengan signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari nilai
alpha yaitu 0,05. Artinya, semakin tinggi tangkat dukungan orangtua, maka akan
semakin tinggi juga resiliensi peserta didik. |
en_US |