Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.author KAUTSAR, IBMU
dc.date.accessioned 2025-08-13T07:32:22Z
dc.date.available 2025-08-13T07:32:22Z
dc.date.issued 2023-11-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7413
dc.description.abstract Ibmu Kautsar, dengan NIM 22 4 00665, 202 . Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan bahan ajar berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya yang saat ini monoton, dan masih mengandalkan buku teks, power point dan video pembelajaran, namun untuk power point dan video pembelajaran hanya beberapa guru yang menggunakannya dan dilakukan dalam beberapa kali pertemuan saja. Oleh karena itu, Pengembangkan bahan ajar perlu dilakukan guru agar ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Tujuannya untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji hasil belajar PAI sebelum menggunakan aplikasi Power Director, bagaimana pula bentuk pengembangan bahan ajar berbasis Power Director dan pengoptimalan aplikasi Power Director terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis Power Director efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPIT Al Fityan Kubu Raya dilihat dari antusias peserta didik dalam proses pembelajaran dan hasil belajar PAI yang dinilai signifikan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pengembangan bahan ajar ini mengacu pada model Borg and Gall dengan menggunakan sepuluh langkah dalam pengembangannya, namun peneliti menyederhanakannya menjadi 7 langkah. Sumber datanya yaitu hasil pre-test dan post-test berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan xviii analisis data yaitu bersifat kuantitatif dan kualitatif, yakni analisis isi, analisis deskriptif dan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Pertama. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa sebelum menggunakan Power Director di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya dilihat dari 32 siswa meraih hasil rata-rata 52,22. Kedua, bentuk pengembangan bahan ajar berbasis power director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya a) Penelitian b) Perencanaan c) Pengembangan produk d) Revisi produk e) Uji coba lapangan awal f) Uji coba lapangan luas g) Penyempurnaan produk akhir. Tiga, pengembangan bahan ajar berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilihat dari 32 siswa meraih hasil rata-rata 80,66 dan siswa juga sangat antusias dalam pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Power Director en_US
dc.title Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account