dc.description.abstract |
Ibmu Kautsar, dengan NIM 22 4 00665, 202 . Pengembangan Bahan
Ajar Berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti Di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan bahan ajar
berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya yang saat ini
monoton, dan masih mengandalkan buku teks, power point dan video
pembelajaran, namun untuk power point dan video pembelajaran hanya
beberapa guru yang menggunakannya dan dilakukan dalam beberapa
kali pertemuan saja. Oleh karena itu, Pengembangkan bahan ajar perlu
dilakukan guru agar ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum,
karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar.
Tujuannya untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji hasil belajar
PAI sebelum menggunakan aplikasi Power Director, bagaimana pula
bentuk pengembangan bahan ajar berbasis Power Director dan
pengoptimalan aplikasi Power Director terhadap hasil belajar PAI
peserta didik di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Hasil penelitian ini
menjelaskan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis Power Director
efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPIT Al
Fityan Kubu Raya dilihat dari antusias peserta didik dalam proses
pembelajaran dan hasil belajar PAI yang dinilai signifikan.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Research and
Development (R&D) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data
kuantitatif dan data kualitatif. Pengembangan bahan ajar ini mengacu
pada model Borg and Gall dengan menggunakan sepuluh langkah
dalam pengembangannya, namun peneliti menyederhanakannya
menjadi 7 langkah. Sumber datanya yaitu hasil pre-test dan post-test
berbasis Power Director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Adapun pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan
xviii
analisis data yaitu bersifat kuantitatif dan kualitatif, yakni analisis isi,
analisis deskriptif dan analisis uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Pertama. Hasil belajar
Pendidikan Agama Islam pada siswa sebelum menggunakan Power
Director di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya dilihat dari 32 siswa meraih
hasil rata-rata 52,22. Kedua, bentuk pengembangan bahan ajar berbasis
power director pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya a) Penelitian b) Perencanaan c)
Pengembangan produk d) Revisi produk e) Uji coba lapangan awal f)
Uji coba lapangan luas g) Penyempurnaan produk akhir. Tiga,
pengembangan bahan ajar berbasis Power Director pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPIT Al-Fityan Kubu
Raya optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilihat dari 32
siswa meraih hasil rata-rata 80,66 dan siswa juga sangat antusias dalam
pembelajaran. |
en_US |