PENGARUH AKTIVITAS GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author ASHARI, ALFIAN
dc.date.accessioned 2025-08-12T07:20:27Z
dc.date.available 2025-08-12T07:20:27Z
dc.date.issued 2025-07-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7396
dc.description.abstract Alfian Ashari, Pengaruh Aktivitas Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP Negeri 17 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Pontianak, Tahun Ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas game online terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 17 Pontianak dan mengetahui konsentrasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII serta pengaruh aktivitas game online terhadap konsentrasi belajar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif kuantitatif. Sampel yang diteliti sebanyak 40 siswa kelas VIII yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu A dan B masing-masing 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Setelah itu data digunakan untuk uji hipotesis meliputi uji regresi linier sederhana, uji-t, uji-f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas game online di kalangan siswa kelas VIII tergolong tinggi, ditandai dengan frekuensi dan durasi bermain yang signifikan diluar jam pelajaran sehingga konsentrasi belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kategori rendah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempertahankan fokus dalam proses pembelajaran dan terdapat pengaruh negatif antara aktivitas game online terhadap konsentrasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan melalui hasil analisis regresi linier sederhana dengan koefisien regresi sebesar -0,462 dan nilai signifikansi 0,008 (<0,005) Artinya, semakin tinggi intensitas bermain game online, maka semakin rendah pula tingkat konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aktivitas en_US
dc.subject Game Online en_US
dc.subject Konsentrasi Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH AKTIVITAS GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account