HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PERSEPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MAN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.author CAHYANI, TIARA
dc.date.accessioned 2025-08-12T03:11:11Z
dc.date.available 2025-08-12T03:11:11Z
dc.date.issued 2025-07-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7390
dc.description.abstract TIARA CAHYANI, Hubungan Fasilitas Belajar Terhadap Persepsi Efektivitas Pembelajaran di MAN 2 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut gama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh fasilitas belajar terhadap persepsi efektivitas pembelajaran di MAN 2 Pontianak. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Fasilitas belajar di MAN 2 Pontianak. 2) Persepsi efektivitas pembelajaran di MAN 2 Pontianak 3) Hubungan fasilitas belajar terhadap persepsi efektivitas pembelajaran di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Lokasi penelitian dilaksanakan di MAN 2 Pontianak, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Sumber datanya yaitu peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket dan alat dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya analisis statistik deskriptif, uji persyaratan (validitas dan reliabilitas), dan uji hipotesis menggunakan analisis crosstab. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Fasilitas belajar di MAN 2 Pontianak berada pada kategori cukup lengkap yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif sebesar 70,9% dengan rentangan total skor 61 sampai 73 dari 68 responden. 2) Persepsi efektivitas pembelajaran di MAN 2 Pontianak berada pada kategori cukup baik yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif sebesar 75,2% dengan rentangan total skor 73 sampai 89 sebanyak 72 responden. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap persepsi efektivitas pembelajaran di MAN 2 Pontianak yang diperoleh dari analisis crosstab dan didapati hasil 0,000 ≤ 0,05 (nilai sig. ≤ 0,05). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Fasilitas belajar en_US
dc.subject Persepsi Efektivitas Pembelajaran en_US
dc.title HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PERSEPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MAN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account