PELAKSANAAN MELANTUNKAN ASMAUL HUSNA UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN ISLAM PESERTA DIDIK MTS SIRAJUL ULUM, KOTA PONTIANAK 2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Anggara, Oki
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.author Dermawan, Randi
dc.date.accessioned 2025-08-12T02:03:44Z
dc.date.available 2025-08-12T02:03:44Z
dc.date.issued 2025-07-21
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7389
dc.description.abstract Randi Dermawan, “Pelaksanaan Melantunkan Asmaul Husna untuk Menanamkan Pendidikan Islam Peserta Didik MTs Sirajul Ulum, Kota Pontianak 2025”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) pelaksanaan; 2) faktor pendukung; 3) faktor penghambat; 4) manfaat 5) dan implikasi awal pelaksanaan melantunkan Asmaul Husna untuk menanamkan pendidikan Islam peserta didik MTs Sirajul Ulum Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, Observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan cukup baik yang dimulai 15-30 menit sebelum memulai pembelajaran yang dilakukan secara berulang-ulang, tepat waktu, melatih fokus dan mendisiplinkan peserta didik; 2) faktor pendukung dalam kegiatan pelaksanaan terdiri dari 4 yaitu lingkungan, fasilitas, guru, peserta didik itu sendiri; 3) faktor penghambat dalam kegiatan pelaksanaan melantunkan Asmaul Husna yaitu seperti kurangnya support dari lingkungan tempat tinggal, kemampuan membaca Al-Qur’an yang masih kurang dari sebagian peserta didik, dan motivasi belajar peserta didik yang masih kurang tinggi serta fasilitas yang masih kurang mencukupi; 4) manfaat melantunkan Asmaul Husna yang didapatkan yaitu perubahan dalam diri sebagian peserta didik, menjaga perkataan tidak berkata kotor, terus masyarakat senang oleh perbuatan peserta didik yang baik serta menguatkan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Islam; 5) implikasi awal pembiasaan yang dilakukan secara rutin yaitu pembiasaan tidak hanya berkontribusi pada aspek spiritual, tetapi berperan penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkarakter yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam, serta timbulnya kedisplinan dan kepercayaan diri dari peserta didik yang akan menciptakan jiwa berkarakter yang berlandaskan agama sesuai dengan makna dari nama-nama terbaik Allah SWT. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelaksanaan en_US
dc.subject Asmaul Husna en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title PELAKSANAAN MELANTUNKAN ASMAUL HUSNA UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN ISLAM PESERTA DIDIK MTS SIRAJUL ULUM, KOTA PONTIANAK 2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account