dc.description.abstract |
Nur Beitty (11825030), Pengaruh Harga dan Brand Produk Terhadap
Keputusan Belanja Produk Kosmetik Pada Perempuan Desa Pesisir (Studi
Kasus Perempuan dengn Rentang Usia 17-34 Tahun di Desa Teluk Pakedai
Hulu), Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada
dimana harga dan brand produk dapat menjadi faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen, Karena hal tersebut sebagai dasar untuk
memutuskan antara membeli atau tidak sebuah produk kosmetik yang
ditawarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga
dan brand produk secara parsial maupun simultan terhadap keputusan
belanja produk kosmetik pada perempuan desa pesisir (Studi Kasus
Perempuan dengan Rentang Usia 17-34 Tahun di Desa Teluk Pakedai
Hulu).
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan
teknik pengambilan sampel non probability sampling sebanyak 139
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah
dengan IBM SPSS 29,0 for Windows. Teknik pengumpulan data melalui
Observasi, kuesioner dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan uji
instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji
hipotesis dan koefisien determinasi (R2)
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) harga berpengaruh
positif terhadap variabel keputusan belanja produk kosmetik. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji t (parsial) untuk variabel harga, dimana
diperoleh nilai t hitung 2,061 > t tabel sebesar 1,977 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,041. 2) Brand produk berpengaruh positif terhadap
variabel keputusan belanja produk kosmetik, hal tersebut dibuktikan
dengan t hitung sebesar 13,338 > t tabel 1,977 dengan nilai sig 0,000. 3)
Harga dan brand produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan
belanja produk kosmetik, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 150,680
> F tabel 3,06 dengan signifikan <0,000.
Untuk uji Koefisien Determinasi (R2) hasil pengolahan data sebesar
0,669. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel
harga dan brand produk terhadap keputusan belanja produk adalah 66,9%
dan sisanya 33,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan
dalam penelitian ini. |
en_US |