| dc.description.abstract | Nur Beitty (11825030), Pengaruh Harga dan Brand Produk Terhadap 
Keputusan Belanja Produk Kosmetik Pada Perempuan Desa Pesisir (Studi 
Kasus Perempuan dengn Rentang Usia 17-34 Tahun di Desa Teluk Pakedai 
Hulu), Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan 
Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.  
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada 
dimana harga dan brand produk dapat menjadi faktor yang mempengaruhi 
keputusan pembelian konsumen, Karena hal tersebut sebagai dasar untuk 
memutuskan antara membeli atau tidak sebuah produk kosmetik yang 
ditawarkan. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga 
dan brand produk secara parsial maupun simultan terhadap keputusan 
belanja produk kosmetik pada perempuan desa pesisir (Studi Kasus 
Perempuan dengan Rentang Usia 17-34 Tahun di Desa Teluk Pakedai 
Hulu).  
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan 
teknik pengambilan sampel non probability sampling sebanyak 139 
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah 
dengan IBM SPSS 29,0 for Windows. Teknik pengumpulan data melalui 
Observasi, kuesioner dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan uji 
instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji 
hipotesis dan koefisien determinasi (R2) 
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) harga berpengaruh 
positif terhadap variabel keputusan belanja produk kosmetik. Hal ini 
dibuktikan dengan hasil uji t (parsial) untuk variabel harga, dimana 
diperoleh nilai t hitung 2,061 > t tabel sebesar 1,977 dengan nilai 
signifikansi sebesar 0,041. 2) Brand produk berpengaruh positif terhadap 
variabel keputusan belanja produk kosmetik, hal tersebut dibuktikan 
dengan t hitung sebesar 13,338 > t tabel 1,977 dengan nilai sig 0,000. 3) 
Harga dan brand produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan 
belanja produk kosmetik, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 150,680 
> F tabel 3,06 dengan signifikan <0,000.  
Untuk uji Koefisien Determinasi (R2) hasil pengolahan data sebesar 
0,669. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel 
harga dan brand produk terhadap keputusan belanja produk adalah 66,9% 
dan sisanya 33,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan 
dalam penelitian ini. | en_US |