dc.description.abstract |
Verent Trinata, 11711088. “Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Ranah 3
Warna: Relevansinya sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam”. Skripsi.
Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Masalah yang dihadapi Indonesia terkait pembangunan Sumber Daya
Manusia (SDM) adalah kebutuhan akan karakter yang kuat dan berkualitas.
Kekaburan visi dan kelemahan karakter bangsa menjadi beban nasional, dipersulit
oleh kompleksitas persoalan internal dan eksternal. Oleh karena itu, penanaman
karakter melalui pendidikan, terutama sejak usia dini, dianggap sebagai solusi
krusial untuk membangun SDM yang unggul dan berkarakter. Dalam hal ini,
peneliti memiliki tujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter dalam novel Ranah
3 Warna yang akan direlevansikan sebagai sumber belajar pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang
data-datanya peneliti peroleh dari perpustakaan, baik digital maupun non-digital,
kemudian data-data yang sudah terkumpul tersebut barulah dianalisis dengan teknik
systematic review. Sifat dari penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif.
Berdasarkan analisis terhadap data-data yang peneliti temukan, maka dapat
disimpulkan bahwa: novel "Ranah 3 Warna" karya Ahmad Fuadi, karakter
karakternya mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter yang sejalan dengan
ajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui kehidupan dan perjuangan karakter
utama, pembaca dapat melihat implementasi nilai-nilai religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dengan demikian, novel ini
tidak hanya menjadi karya sastra yang menghibur, tetapi juga dapat dijadikan
sumber inspirasi dan pembelajaran bagi peserta didik, terutama dalam
mengembangkan akhlak mulia seiring dengan ajaran Pendidikan Agama Islam. |
en_US |