dc.description.abstract |
MEISYA RAHRAY (12101066). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) Oleh Guru PAI Pada Peserta Didik Kelas 2 Di SDN 05
Pontianak Kota. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Ketua Prodi
Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak. 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada
peserta didik kelas 2 di SDN 05 Pontianak Kota, serta mengidentifikasi hasil dan
tantangan yang dihadapi dalam implementasinya dan bagaimana hasil
pemanfaatan LKPD tersebut yang diberikan kepada peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis statistik
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dimanfaatkan sebagai
panduan belajar yang membantu peserta didik memahami materi, meningkatkan
keaktifan, dan memotivasi mereka untuk terlibat dalam proses pembelajaran baik
secara individu maupun kelompok.
Penggunaan LKPD juga memudahkan guru dalam mengarahkan dan
mengevaluasi pencapaian kompetensi dasar peserta didik. Namun, terdapat
beberapa tantangan yang dihadapi, seperti kesulitan bagi peserta didik yang belum
lancar membaca, kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam
mempresentasikan hasil kerja, serta hambatan dalam memahami instruksi yang
diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI sudah berupaya
memanfaatkan LKPD agar peserta didik paham dan mampu mengerjakannya
dengan baik dan benar.
Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan LKPD yang
lebih variatif, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta
pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran berbasis LKPD
agar dapat membatu peserta didik aktif dalam pengerjaan LKPD |
en_US |