PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) OLEH GURU PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SDN 05 PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Rahray, Meisya
dc.date.accessioned 2025-08-11T06:23:37Z
dc.date.available 2025-08-11T06:23:37Z
dc.date.issued 2025-07-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7370
dc.description.abstract MEISYA RAHRAY (12101066). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Oleh Guru PAI Pada Peserta Didik Kelas 2 Di SDN 05 Pontianak Kota. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik kelas 2 di SDN 05 Pontianak Kota, serta mengidentifikasi hasil dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya dan bagaimana hasil pemanfaatan LKPD tersebut yang diberikan kepada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis statistik deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dimanfaatkan sebagai panduan belajar yang membantu peserta didik memahami materi, meningkatkan keaktifan, dan memotivasi mereka untuk terlibat dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Penggunaan LKPD juga memudahkan guru dalam mengarahkan dan mengevaluasi pencapaian kompetensi dasar peserta didik. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti kesulitan bagi peserta didik yang belum lancar membaca, kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam mempresentasikan hasil kerja, serta hambatan dalam memahami instruksi yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI sudah berupaya memanfaatkan LKPD agar peserta didik paham dan mampu mengerjakannya dengan baik dan benar. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan LKPD yang lebih variatif, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran berbasis LKPD agar dapat membatu peserta didik aktif dalam pengerjaan LKPD en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) OLEH GURU PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SDN 05 PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account