PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PASIVABEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 SUNGAI AMBAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.author Rahmawati, Tri
dc.date.accessioned 2025-08-07T07:42:27Z
dc.date.available 2025-08-07T07:42:27Z
dc.date.issued 2025-08-04
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7328
dc.description.abstract Tri Rahmawati, 12118013, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Papan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN Negeri 7 Sungai Ambawang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Sungai Ambawang pada materi SPLDV, di mana hanya 16% peserta didik yang mencapai nilai tuntas. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk medeskripsikan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Pasivabel pada materi SPLDV di SMPN 7 Sungai Ambawang. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika setelah menerapkan media Pasivabel pada materi SPLDV di SMPN 7 Sungai Ambawang dan 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Pasivabel terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV di SMPN 7 Sungai Ambawang. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen semu dengan jenis desain pretest-posttest control group pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 47 orang. Alat pengumpulan data berupa soal tes esay, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney U. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: Model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media pasivabel pada materi SPLDV di SMPN 7 Sungai Ambawang berlangsung terstruktur dan efektif, dengan pertemuan pertama fokus pada pemahaman konsep dasar dan pertemuan kedua memanfaatkan permainan edukatif untuk meningkatkan partisipasi peserta didik. Sebelum diterapkan model TGT, hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 67,50. Setelah penerapan model ini, hasil belajar matematika peserta didik meningkat signifikan, dengan rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 82,05 dan ketuntasan 100%, lebih baik dibandingkan metode konvensional. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TGT berbantuan media papan SPLDV berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 7 Sungai Ambawang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Teams Games Tournament en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Media Pasivabel en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PASIVABEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 SUNGAI AMBAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account