| dc.description.abstract | NEDA SAUSAN (2023) Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online 
dan Offline Dalam Meningkatkan Usaha Sembako di Toko Restu Ibu Pasar Ratu 
Melati Kabupaten Ketapang: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas 
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan pemasaran online, 
kendala pemasaran online, kelebihan pemasaran online, kendala pemasaran 
offline, efektif mana strategi pemasaran online atau offline.  
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan 
metode kualitatif, sumber data penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu primer 
dan sekunder, 1) Sumber data primer yang berhubungan pada aktifitas yang 
terdapat di Toko Restu Ibu dengan observasi langsung dan wawancara langsung 
kepada pihak manajemen dan karyawan toko. 2) Sumber data sekunder didapat dari 
orang-orang yang berada disekitar Toko Restu Ibu serta buku, majalah, laporan 
laporan keuangan dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Teknik 
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian observasi langsung, 
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, 
dan verifikasi dan Teknik keabsahan data dari penelitian ini yaitu Triangulasi. 
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran online lebih 
efektif dibandingkan strategi pemasaran offline karena konsumen lebih tertarik 
untuk berbelanja melalui pemesanan online dibandingkan berbelanja langsung 
ketoko. | en_US |