dc.description.abstract |
NEDA SAUSAN (2023) Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online
dan Offline Dalam Meningkatkan Usaha Sembako di Toko Restu Ibu Pasar Ratu
Melati Kabupaten Ketapang: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan pemasaran online,
kendala pemasaran online, kelebihan pemasaran online, kendala pemasaran
offline, efektif mana strategi pemasaran online atau offline.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan
metode kualitatif, sumber data penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu primer
dan sekunder, 1) Sumber data primer yang berhubungan pada aktifitas yang
terdapat di Toko Restu Ibu dengan observasi langsung dan wawancara langsung
kepada pihak manajemen dan karyawan toko. 2) Sumber data sekunder didapat dari
orang-orang yang berada disekitar Toko Restu Ibu serta buku, majalah, laporan
laporan keuangan dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian observasi langsung,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data,
dan verifikasi dan Teknik keabsahan data dari penelitian ini yaitu Triangulasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran online lebih
efektif dibandingkan strategi pemasaran offline karena konsumen lebih tertarik
untuk berbelanja melalui pemesanan online dibandingkan berbelanja langsung
ketoko. |
en_US |