PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MUSLIM DI BULAN RAMADHAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Firdaus, Achmad
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.author Mahniar
dc.date.accessioned 2022-06-15T01:38:20Z
dc.date.available 2022-06-15T01:38:20Z
dc.date.issued 2019-05-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/728
dc.description.abstract Perilaku konsumtif ummat muslim yang secara Al-Qur’an dan Hadist memiliki aturan jelas menjadi menarik untuk dikaji. Apalagi perilaku tersebut dikaitkan dengan pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hal ini lah yang menjadi dasar rasional dan empiris bagi peneliti mengangkat tema fenomena perilaku konsumtif masyarakat muslim di bulan Ramadhan dalam bentuk penelitian ilmiah, dengan membatasinya pada masyarakat muslim di kelurahan Saigon Pontianak. Fokus penelitian ini adalah, perilaku konsuntif masyarakat muslim di kelurahan Saigon Pontianak pada bulan Ramadhan. Dari fokus penelitian ini peneliti merumuskan tiga pertanyaan penelitian, yaitu: 1. Bagaimana perilaku konsumtif masyarakat muslim kelurahan Saigon Pontianak pada saat Bulan Ramadhan? 2. Apa yang melatari perilaku konsuntif masyarakat muslim Saigon Pontianak selama bulan Ramadhan? 3. Bagaimana pemahaman masyarakat Muslim Saigon Pontianak tentang makna ekonomis bulan Ramadhan? Penelitian ini peneliti lakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Untuk menjaring informasi, peneliti menggunakan teknik observasi langsung dan peneliti juga melakukan wawancara terhadap masyarakat muslim di kelurahan Saigon Pontianak. Untuk menjaga keabsahan data dan informasi yang peneliti peroleh dari masyarakat muslim di kelurahan Saigon, peneliti menggunakan teknik kecukupan referensial. Selain itu peneliti juga menggunakan teknik trianggulasi data dengan menjadikan pedagang penjual makanan untuk berbuka puasa sebagai sumber data pembandingnya. Berdasarkan data dan informasi yang peneliti peroleh, peneliti merumuskan kesimpulan sebagai jawaban atas pertanyaan penelitian, yaitu: 1. Perilaku konsuntif masyarakat muslim kelurahan Saigon Pontianak pada saat Bulan Ramadhan dapat dikategorikan sebagai perilaku praktis dan spontan, dan dominan bersifat konsumtif. 2. Perilaku konsuntif masyarakat muslim Saigon Pontianak selama bulan Ramadhan lebih dominan dipengaruhi oleh keinginan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan dan pertimbangan sosial. 3. Pemahaman masyarakat Muslim Saigon Pontianak tentang makna ekonomis bulan Ramadhan berpola (patterns of autoris religion) dan berbentuk pemahaman tentang agama merupakan sarana relasi langsung manusia dengan Tuhan (religion as a means of direct relationship with God). Oleh karenanya mereka rela melakukan pengeluaran lebih demi keyakinan akan pengabdian diri mereka kepada Tuhan nya. Keyakinan akan adanya pahala yang dijanjikan Tuhan menjadi dasar perilaku ekonomis ummat Islam selama bulan Ramadhan. Rekomendasi yang penulis tawarkan dalam penelitian ini berbentuk penguatan pemahaman tentang makna Ramadhan bagi masyarakat muslim di kelurahan Saigon, dimana penguatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan keagamaan oleh para ustadz. Di samping itu, penguatan juga dapat dilakukan oleh pejabat kelurahan dengan memberikan pencerdasan melalui pemanfaatan Susana Ramadhan untuk kepentingan peningkatan ekonomi masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Perilaku Ekonomi en_US
dc.title PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MUSLIM DI BULAN RAMADHAN en_US
dc.title.alternative Studi Pada Masyarakat Muslim di Kelurahan Saigon Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account