dc.description.abstract |
Evi Kartika Sari (12003119), “Dampak E-Comeerce Terhadap Perilaku
Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Shopee Paylater Dan Mahasiswa Ekonomi
Syariah )”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Syariah Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan dan mengetahui : 1) Bagaimana
bentuk perilaku konsumtif Mahasiswa sebagai pengguna Shopee Paylater. 2) Faktor
apa yang menjadi pertimbangan Mahasiswa membeli suatu produk menggunakan
Shopee Paylater. 3) Bagaimana dampak perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam
penggunaan Shopee Paylater. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan Teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaa keabsahan data melalui
trigulasi.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Bentuk Perilaku Konsumtif Mahasiswa yaitu
Implusif Buying seperti pembelian Impulsif, Nonrational buying berupa pembelian
yang tidak rasional dan Waste Buying pemborosan terhadap sesuatu. 2) Faktor
membeli suatu produk pada Shopee Paylater karena iming-iming seperti diskon
produk, voucer ongkir, tampilan menarik maupun produk yang sedang trendy. 3)
Dampak dari perilaku konsumtif mahasiswa dalam menggunakan Shopee Paylater
yaitu gaya hidup yang hedonisme (terlalu menghamburkan uang) bahkan bisa
terlilit hutang akibat sering menggunakan pembayaran Shopee Paylater hanya
untuk mencari kesenangan dan kepuasan pribadi. |
en_US |