dc.description.abstract |
TRI NOVILIANA. Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar
terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di Kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Tahun Pelajaran
2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dialami siswa yang
cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan :1). Keterampilan mengadakan variasi mengajar dalam
pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas.
2).Keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN 2
Teluk Keramat Kabupaten Sambas. 3). Besarnya pengaruh keterampilan
mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam
pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
Expost facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa dan sampel
sebanyak 54 siswa dengan teknik simpel random sampling. Teknik yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk
menganalisis datanya menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan IBM
SPSS Statistics 22.
Berdasarkan pada analisis data yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1). Keterampilan mengadakan variasi mengajar dalam
pembelajaran PAI di SMPN 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas termasuk dalam
kategori “Baik” karena memperoleh hasil penelitian dengan persentase 80,11%.
2).Keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMPN 2 Teluk
Keramat Kabupaten Sambas termasuk dalam kategori “Baik” karena memperoleh
hasil penelitian dengan persentase 79,73 %. 3). Berdasarkan hasil perhitungan
ANOVAb, didapat nilai F Hitung (714,136) lebih besar dari F Tabel (4.03) pada
taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga
dapat disimpulkan bahwa variabel Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar
(X) berpengaruh secara signifikan terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik (Y).
Adapun hasil yang diperoleh dengan dilakukannya keterampilan mengadakan
variasi mengajar membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi dapat
menarik perhatian siswa agar tidak bosan dan meningkatkan antusias siswa untuk
aktif dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi proses pembelajaran di dalam
kelas. |
en_US |