Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Tahun Pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author NOVILIANA, TRI
dc.date.accessioned 2025-08-05T08:44:46Z
dc.date.available 2025-08-05T08:44:46Z
dc.date.issued 2023-12-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7248
dc.description.abstract TRI NOVILIANA. Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dialami siswa yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan :1). Keterampilan mengadakan variasi mengajar dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. 2).Keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. 3). Besarnya pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Expost facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa dan sampel sebanyak 54 siswa dengan teknik simpel random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistics 22. Berdasarkan pada analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1). Keterampilan mengadakan variasi mengajar dalam pembelajaran PAI di SMPN 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas termasuk dalam kategori “Baik” karena memperoleh hasil penelitian dengan persentase 80,11%. 2).Keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMPN 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas termasuk dalam kategori “Baik” karena memperoleh hasil penelitian dengan persentase 79,73 %. 3). Berdasarkan hasil perhitungan ANOVAb, didapat nilai F Hitung (714,136) lebih besar dari F Tabel (4.03) pada taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik (Y). Adapun hasil yang diperoleh dengan dilakukannya keterampilan mengadakan variasi mengajar membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi dapat menarik perhatian siswa agar tidak bosan dan meningkatkan antusias siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan en_US
dc.subject Variasi Mengajar en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.title Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 2 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Tahun Pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account