PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 13 RASAU JAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.advisor Komalasari, Komalasari
dc.contributor.author Safitri, Risma
dc.date.accessioned 2025-08-05T07:50:52Z
dc.date.available 2025-08-05T07:50:52Z
dc.date.issued 2025-07-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7238
dc.description.abstract Risma Safitri, 2025. Penerapan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 13 Rasau Jaya. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan media interaktif berupa permainan ular tangga oleh guru Pendidikan Agama Islam di SDN 13 Rasau Jaya. Media ini dipilih karena sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang umumnya aktif dan senang bermain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Penerapan media permainan ular tangga oleh guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Rasau Jaya 2) Langkah-langkah penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Rasau jaya 3) Kekurangan dan kelebihan media permainan ular tangga dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Rasau Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh data. Lokasi penelitiannya adalah SD Negeri 13 Rasau Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung dengan cara wawancara dan juga studi dokumen. Alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi dan juga lembar wawancara. Data didapat kemudian dianalisis dengan teknik analisis kondensasi data, penyajian data dan juga verifikasi data secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan media pembelajaran berupa permainan ular tangga dalam materi ibadah haji dan kurban di SDN 13 Rasau Jaya terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Pemilihan media ini disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar.2) Langkah-langkah yang terperinci dan sistematis dalam permainan ular tangga sangat penting untuk memastikan bahwa semua peserta didik memahami cara bermain.3) Kelebihan media permainan ular tangga yaitu permainan ular tangga termasuk permainan interaktif dimana untuk peserta didik berperan aktif di dalam permainan, juga memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kekurangannya yaitu memakan waktu yang sangat lama untuk menerapkan permainan ular tangga dan juga seorang pendidik harus bisa mengkondisikan kelas agar peserta didik tidak ribut dan juga aktif saat pembelajaran berlangsung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Permainan Ular Tangga en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Pendidikan agama islam en_US
dc.title PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 13 RASAU JAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account