ANALISIS DETERMINAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN PAKET MASA DEPAN (PMD) PADA BTPN SYARIAH DI DESA MEKAR BARU KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.advisor Helvira, Reni
dc.contributor.advisor Tezar, Muhammad
dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.author RETNO, ELZA SRI
dc.date.accessioned 2025-08-05T07:45:48Z
dc.date.available 2025-08-05T07:45:48Z
dc.date.issued 2025-07-18
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7237
dc.description.abstract Elza Sri Retno 11823101, “Analisis Determinan Minat Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) pada BTPN Syariah di Desa Mekar Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya”, Skripsi, Pontianak: Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan minat masyarakat terhadap produk Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) pada BTPN Syariah di Desa Mekar Baru, Kecamatan Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri atas tingkat margin, pengetahuan produk, dan kondisi ekonomi, sedangkan variabel dependen adalah minat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 57 responden yang merupakan nasabah potensial atau aktif BTPN Syariah di Desa Mekar Baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, tingkat margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat, dengan nilai signifikansi 0,005. Sebaliknya, pengetahuan produk dan kondisi ekonomi tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat masyarakat, dengan signifikansi masing-masing sebesar 0,343 dan 0,294. Namun, secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,515 menunjukkan bahwa 51,5% variasi minat masyarakat dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sedangkan 48,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini merekomendasikan agar BTPN Syariah terus mengoptimalkan penetapan margin yang kompetitif, meningkatkan edukasi produk, dan mempertimbangkan faktor-faktor eksternal lain seperti pelayanan, promosi, dan literasi keuangan dalam upaya meningkatkan minat masyarakat terhadap produk PMD. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Minat masyarakat en_US
dc.subject pengetahuan produk en_US
dc.subject Kondisi Ekonomi en_US
dc.subject PMD en_US
dc.subject BTPN Syariah en_US
dc.title ANALISIS DETERMINAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN PAKET MASA DEPAN (PMD) PADA BTPN SYARIAH DI DESA MEKAR BARU KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account