PENGARUH LEADERSHIP SKILL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS XI DI MAN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Pranata, Alvira
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.author HATIM, ABU ABDURAHMAN
dc.date.accessioned 2025-08-04T06:00:09Z
dc.date.available 2025-08-04T06:00:09Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7206
dc.description.abstract Abu Abdurahman Hatim, 11811218, Pengaruh Leadership Skill Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Xi Di Man 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Tahun 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepemimpinan guru (leadership skill) dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna, khususnya dalam pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan 1) Pengaruh leadership skill Guru Al-Quran Hadis di MAN 2 Pontianak. 2) Capaian hasil belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis di MAN 2 Pontianak 3) Signifikansi dan besaran pengaruh leadership skill guru pada capaian hasil belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa dari dua kelas XI yang dipilih secara acak (random). Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur leadership skill guru dan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap instrumen angket, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, linearitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Leadership Skill Guru Al-Qur’an Hadits Di MAN 2 Pontianak berdasarkan hasil angket yang terdiri dari 11 item, sebagian besar siswa memberikan penilaian positif terhadap keterampilan kepemimpinan guru Al-Quran Hadis. Hal ini tercermin dari rata-rata skor angket sebesar 37,8 dari maksimal 44. 86,7% siswa menilai leadership skill guru dalam kategori sangat baik. 2) Hasil belajar siswa kelas XI dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits setelah dilakukan analisis dari hasil dokumentasi nilai, rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,2% dan 79% memperoleh nilai dalam kategori sangat baik dan cukup. 3) Terdapat Pengaruh Signifikan Leadership Skill Guru Al-Qur’an Hadits terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Leadership Skill Guru en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH LEADERSHIP SKILL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS XI DI MAN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account