dc.description.abstract |
Sovia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi
reading guide dalam pembelajaran terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti
siswa di SMA PGRI 05 Rawak tahun ajaran 2024/2025, untuk mengetahui hasil
belajar PAI dan Budi Pekerti siswa di SMA PGRI 05 Rawak tahun ajaran
2024/2025, untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi reading guide
terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA PGRI 05 Rawak .
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan
jenis penelitian eksperimen (Pre-Exsperimental Design) dalam bentuk Design One
Group Pretest-Posttes. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X, pemilihan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling.
Hasil penelitian ini 1) Bahwa peneliti menggunakan langkah-langkah sesuai
dengan teori yang digunakan dalam penelitian menggunakan strategi reading guide.
2) Hasil belajar setelah menerapkan strategi Reading Guide adalah sebesar 91,11
rata-rata dapat dilihat dari tabel. 3) Berdasarkan hasil keputusan jika dilihat dari
tabel coefficient diatas maka dapat disimpulkan bahwa terbukti nilai signifikan
0,000 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Demikian dengan t-hitung (4,769)
> t-tabel (1,745). Kemudian menggunakan tabel R Square membuktikan dengan
persentase nilai R Square 0,581 bermakna bahwa strategi reading guide
mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 58,4% sedangkan sisanya 41,6%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti di penelitian ini. Jadi terdapat
pengaruh penggunaan strategi reading guide terhadap hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA PGRI 05 Rawak Kecamatan Sekadau
Hulu Tahun Ajaran 2024/2025. |
en_US |