PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI READING GUIDE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA PGRI 05 RAWAK KECAMATAN SEKADAU HULU TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author Sovia, Sovia
dc.date.accessioned 2025-08-04T04:48:28Z
dc.date.available 2025-08-04T04:48:28Z
dc.date.issued 2025-07-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7203
dc.description.abstract Sovia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi reading guide dalam pembelajaran terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa di SMA PGRI 05 Rawak tahun ajaran 2024/2025, untuk mengetahui hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa di SMA PGRI 05 Rawak tahun ajaran 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi reading guide terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA PGRI 05 Rawak . Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian eksperimen (Pre-Exsperimental Design) dalam bentuk Design One Group Pretest-Posttes. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X, pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini 1) Bahwa peneliti menggunakan langkah-langkah sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian menggunakan strategi reading guide. 2) Hasil belajar setelah menerapkan strategi Reading Guide adalah sebesar 91,11 rata-rata dapat dilihat dari tabel. 3) Berdasarkan hasil keputusan jika dilihat dari tabel coefficient diatas maka dapat disimpulkan bahwa terbukti nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Demikian dengan t-hitung (4,769) > t-tabel (1,745). Kemudian menggunakan tabel R Square membuktikan dengan persentase nilai R Square 0,581 bermakna bahwa strategi reading guide mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 58,4% sedangkan sisanya 41,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti di penelitian ini. Jadi terdapat pengaruh penggunaan strategi reading guide terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA PGRI 05 Rawak Kecamatan Sekadau Hulu Tahun Ajaran 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Reading Guide en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject PAI dan Budi Pekerti en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI READING GUIDE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA PGRI 05 RAWAK KECAMATAN SEKADAU HULU TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account