PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPI BAWARI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.author Maulidia, Lilin
dc.date.accessioned 2025-08-04T04:13:39Z
dc.date.available 2025-08-04T04:13:39Z
dc.date.issued 2025-07-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7201
dc.description.abstract LILIN MAULIDIA, (12101142) Pengaruh Penerapan Model Contextual ‎‎Teaching and Learning ‎‎‎Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Mata ‎Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama ‎Islam Bawari Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025, Program Studi ‎Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut ‎Agama Islam Negeri ( IAIN) Pontianak, 2025.‎ Latar belakang dalam penelitian ini ialah kegiatan aktivita belajar ‎yang masih rendah yang dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan ‎peserta didik sering merasa bosan dan tertidur saat pembelajaran ‎berlangsung. Untuk meningkatkan aktivitas belajar tersebut, peneliti ‎menawarkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan ‎penelitian ini ialah 1) Mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran ‎Contextual ‎Teaching and Learning ‎‎‎pada mata pelajaran Pendidikan Agama ‎Islam di kelas VII SMPI Bawari Pontianak. 2) Mengetahui bagaimana ‎aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ‎kelas VII di SMPI Bawari Pontianak. 3) Mengetahui bagaimana pengaruh ‎model pembelajaran Contextual ‎Teaching and Learning ‎‎‎terhadap aktivitas ‎belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII ‎di SMPI Bawari Pontianak.‎ Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ‎yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain eksperimen ‎yang digunakan adalah Quasi Experimental Desaign. Adapun yang menjadi ‎populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VII di Sekolah ‎Menengah Pertama Islam Bawari Pontianak yang berjumlah 67 peserta didik ‎yang terbagi menjadi 2 kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan ‎angket. ‎ Berdasarkan data dan analisis, disimpulkan sebagai berikut : 1) ‎Penerapan model pembelajaran Contextual ‎Teaching and Learning ‎‎‎pada ‎mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMPI Bawari ‎Pontianak telah dilakukan dengan baik. 2) Aktivitas belajar peserta didik ‎pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan hasil yang ‎menggembirakan. Kelas VII A memiliki rata-rata skor aktivitas belajar ‎sebesar 44,21, dengan 41,2% peserta didik berada dalam kategori cukup ‎aktif. Sebaliknya, kelas VII B memiliki rata-rata skor 39,12, yang ‎menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik berada pada kategori ‎sedang. 3) Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) untuk ‎variabel Model Contextual ‎Teaching and Learning ‎‎‎adalah < 0,001, yang ‎berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak ‎dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa penerapan model Contextual ‎‎Teaching and Learning ‎‎‎berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar ‎peserta didik.‎ en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model CTL en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPI BAWARI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account