STRATEGI FRONTLINER DALAM MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN DIGITAL ISLAMIC NETWORK (DIN) DI BANK MUAMALAT PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.author Amelia, Septia
dc.date.accessioned 2025-08-04T02:54:51Z
dc.date.available 2025-08-04T02:54:51Z
dc.date.issued 2025-06-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7197
dc.description.abstract SEPTIA AMELIA, 11823008. “Strategi Frontliner Dalam Mengoptimalkan Penggunaan Digital Islaic Network (DIN) Di Bank Muamalat Pontianak”. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengoptimalkan Digital Islamic Network, untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyelutuh, strategi merupakan bentuk usaha perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan. Pelaksanaan strategi harus didukung oleh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan yang berkompeten hal ini akan menciptakan image positif bagi pihak bank dan akan berdampak pada tingkat kepercayaan dan kepuasan nasabah. Fronliner harus memiliki kemampuan yang baik sesuai dengan standar operasional pelayanan perbankan agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan pelayanan pada nasabah. Metode penelitian, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun sumber data adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif melalui tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulansi dan member check. Informan dalam penelitian ini adalah Customer Service dan Nasabah Bank Muamalat. Berdasarkan paparan dan pembahasan penelitian menunjukan bahwa dalam mengoptimalisasikan Digital Islamic Network. Pihak fronliner menerapkan strategi layanan dan pemasaran dengan cara langsung mendatangi nasabah, ATM, SMS blast, sales call, dan mobile banking lama. Berdasarkan strategi yang telah dilakukan pihak frontliner bank mestinya ada kendala dan kemudahan. Kendala yang dihadapi adalah sulitnya mengedukasi pihak lansia untuk menggunakan Muamalat DIN dan jaringan yang secara tiba-tiba down kemudian kepada nasabah yang mempunyai banyak rekening tabungan, sedangkan kemudahan yang dirasakan adalah mengurangi transaksi di kantor dan memudahkan mengontrol saldo rekening. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Fronliner en_US
dc.subject Digital Islamic Network en_US
dc.subject Bank Syariah. en_US
dc.title STRATEGI FRONTLINER DALAM MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN DIGITAL ISLAMIC NETWORK (DIN) DI BANK MUAMALAT PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account