MOTIVASI PEMUDA DALAM BERWIRAUSAHA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prihantono
dc.contributor.advisor Zarkasi
dc.contributor.author Amin, Muhammad
dc.date.accessioned 2022-06-15T01:32:39Z
dc.date.available 2022-06-15T01:32:39Z
dc.date.issued 2019-01-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/718
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah motivasi pemuda dalam berwirausaha dalam membuka warung kopi? (2) Apa saja hambatan dalam berwirausaha dalam membuka warung kopi pada pemuda di Kelurahan Wajok Hilir?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian jenis ini merupakan penelitian yang non hipotesis, sehingga dalam langkah penelitiannya tidak diperlukan merumuskan hipotesis. Penelitian ini masuk dalam kategori jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah berupa wawancara, teknik wawancara yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara terstruktur, dimana penulis menetapkan sendiri masalah dan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Motivasi pemuda di kelurahan Wajok Hilir dalam menjalankan wirausaha digolongkan dalam dua faktor, yaitu Pertama, faktor internal adalah suatu kondisi atau penyebab yang datang dari dalam, yaitu untuk memperbaiki perekonomian individu, kesadaran untuk bertahan hidup, dan memanfaatkan peluang usaha sesuai keahlian yang dimiliki. Sedangkan Kedua, faktor eksternal adalah suatu kondisi atau penyebab yang datang dari luar, yaitu dukungan dari keluarga dan kerabat, memanfaatkan tempat yang strategis untuk melakukan aktivitas usaha, pengalaman sukses seseorang menjadi enterpreneurship yang memacu untuk berwirausaha. (2) Dari informasi yang peneliti dapatkan bahwa pemuda yang berwirausaha di kelurahan Wajok Hilir mengaku jika kendala dalam berwirausaha tidak terlepas dari apa yang mereka lakukan, seperti harga barang semakin naik, kurangnya modal, kurangnya dukungan dari keluarga dan kerabat, cuaca yang kurang mendukung, menurunnya tingkat konsumsi pembeli. Adapun kendala-kendala tersebut akan bisa diatasi jika para pemuda yang berwirausaha mempunyai informasi yang memadai tentang wirausaha, karena informasi yang akurat juga akan membuat orang bersemangat dalam berwirausaha. Informasi ini bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan kerjasama dengan lembaga keuangan yang dapat mengkoordinir kegiatan berwirausaha ini, supaya untuk membantu kelancaran usaha para pemuda di Kelurahan Wajok Hilir. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title MOTIVASI PEMUDA DALAM BERWIRAUSAHA en_US
dc.title.alternative Pengusaha Warung Kopi di Wajok Hilir Kec. Siantan Kab. Mempawah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account