dc.description.abstract |
JULIAWATI SAWAB, 12115074. Persepsi Konsumen Pada Produk Halal Kripik Cane Di Kelurahan Saigon Kota Pontianak : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi dan mengungkapkan: (1) Kripik Cane Di`Mr. Kriuk membangun kepercayaan konsumen; 2) Antribut produk yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap kehalalan produk; 3) Dampak produk makanan ringan halal Kripik Cane.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data di peroleh dari hasil observasi, serta wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Informan dalam penelitian ini terdiri dari produsen kripik cane dan konsumen serta reseller kripik cane yang ada di Kelurahan Saigon, Kota Pontianak.
Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa: tiga tahapan dalam persepsi konsumen terhadap makanan halal pada kripik cane, yaitu :1) Kripik Cane Di`Mr.Kriuk telah berhasil membangun kepercayaan konsumen dengan memenuhi harapan dan kebutuhan mereka, yang mencerminkan Kripik Cane Di`Mr.Kriuk sudah menerapkan enam indikator dengan pendekatan yang berfokus pada kualitas serta kepuasan konsumen yang merupakan kunci keberhasilan dalam membangun kepercayaan pasar makanan ringan; 2) Antribut produk berperan penting dalam mempengaruhi persepsi konsumen terhadap kehalalan produk, yang menunjukkan bahwa konsumen telah memperhatikan aspek-aspek seperti kualitas, fitur produk, gaya desain, merek kemasan dan label; 3) Dampak dari produk makanan ringan halal Kripik Cane Di`Mr.Kriuk, menunjukkan bahwa persepsi konsumen sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti harga, kualitas, kemudahan akses dan pengalaman positif yang semuanya berperan penting dalam pengambilan keputusan oleh konsumen. |
en_US |