dc.description.abstract |
Dwi Septiani. (11825006). Manajemen Pengaduan Gangguan Internet
Pelanggan Wifi Iconnet di Pontianak. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana manajemen
pengaduan gangguan internet pelanggan wifi Iconnet di Pontianak. (2) Apa faktor
pendukung dan penghambat dalam proses manajemen pengaduan internet
pelanggan wifi Iconnet di Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber dari data primer yaitu
wawancara langsung dengan tim CC, Manajer dan Teknisi lapangan. Sedangkan
sumber dari data sekunder didapat dari buku referensi, artikel, jurnal, dan skripsi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, display
data, dan kesimpulan atau verifikasi. Dan teknik keabsahan pemeriksaan data
yaitu tringulasi dan member check.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) managemen
pengaduan gangguan internet pelanggan wifi iconnet di Pontianak sudah baik, hal
ini dapat dilihat bahwa perusahaan melakukan perencanaan sebelum melakukan
penanganan gangguan yang ada, dalam hal pengorganisasin juga perusahaan
membentuk berbagai tim untuk melakukan penanganan gangguan dan
melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yugas mereka masing-masing agar tidak
melanggar SOP yang sudah ada. Selain itu mereka juga melakukan pengawasan
kepada tim di lapangan. (2) faktor pendukung perusahaan adanya mitra atau
vendor yang membantu mereka menyediakan teknisi dan aplikasi my icon.
Sedangkan untuk faktor penghambat yang dialami yaitu adanya gangguan
eksternal berupa cuaca dan geografis serta miskomunikasi antara admin, teknisi
dan konsumen. |
en_US |