dc.description.abstract |
ANIS HASANAH, Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Asesmen Sumatif Akhir Semester Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi kualitas instrumen asesmen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Selama ini, analisis butir soal asesmen sumatif akhir semester belum pernah dilakukan di SMP Negeri 3 Sungai Raya, sehingga kualitas dan karakteristik butir soal yang digunakan belum diketahui secara pasti. Padahal, analisis butir soal merupakan langkah penting untuk memastikan instrumen asesmen dapat mengukur kemampuan peserta didik dengan akurat dan objektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas butir soal pilihan ganda asesmen sumatif akhir semester genap mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya tahun pelajaran 2024/2025 yang meliputi aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengambil 155 peserta didik dari 253 peserta didik kelas VIII A hingga VIII H SMP Negeri 3 Sungai Raya. Objek dalam penelitian ini adalah butir soal dan respon jawab peserta didik asesmen sumatif akhir semester genap mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025. Teknik pegumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan bantuan program Microsoft Excel dan IBM SPSS Versi 25.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan terhadap 40 butir soal pilihan ganda terdapat hasil sebagai berikut: (1) Ditinjau dari segi validitas butir soal, menunjukkan bahwa validitas yang sangat baik dengan 38 butir soal (95%) dinyatakan valid dan 2 butir soal (5%) dinyatakan invalid (tidak valid). (2) Ditinjau dari reliabilitasnya, termasuk kategori yang tinggi yaitu 0,790. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran didapatkan 0 butir soal (0%) berkategori sukar, 9 butir soal (22,50%) berkategori sedang, 31 butir soal (77,50%) berkategori mudah. (4) Ditinjau dari segi daya pembeda terdapat 0 butir soal (0%) berkategori daya pembeda sangat baik, 8 butir soal (20%) termasuk daya pembeda baik, 20 butir soal (50%) kategori daya pembeda cukup dan 12 butir soal (30%) berkategori daya pembeda jelek. (5) Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh sebanyak 0 opsi (0%) berkategori sangat baik, 0 opsi (0%) berkategori baik, 4 opsi (3%) berkategori kurang baik, 116 opsi (97%) berkategori jelek, dan 0 opsi (0%) berkategori sangat jelek. |
en_US |