DAMPAK PLATFORM TIKTOK SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MUSLIM PEDESAAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ilhamdi, Ilhamdi
dc.contributor.advisor Zaidar, Muhammad
dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Khairunnisa, Dina
dc.contributor.author Astuti, Anggraini Dwi
dc.date.accessioned 2025-07-30T02:42:37Z
dc.date.available 2025-07-30T02:42:37Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7075
dc.description.abstract Anggraini Dwi Astuti (2025) Dampak Platform Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Pedesaan Sepauk Kabupaten Sintang. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Pontianak. Tujuan dari penelitan ini adalah 1. mengetahui dampak penggunaan Tiktok Shop terhadap perilaku konsumtif masyarakat Muslim di pedesaan Sepauk, Kabupaten Sintang dan 2. mengetahui Faktor yang mempengaruhi masyarakat Muslim di Sepauk, Kabupaten Sintang dalam memutuskan untuk berbelanja melalui TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pengguna Tiktok Shop di kecamatan Sepauk. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif dan negatif yang do timbulkan dengan adanya Platform Tiktok Shop ini. Dampak Positif yang terjadi, yaitu memudahkan masyarakat desa dalam memperoleh barang yang sulit ditemukan di sekitar mereka, menghemat waktu dan tenaga, serta adanya efisiensi biaya. Dampak negatif, yaitu mendorong perilaku konsumtif seperti boros, membeli barang yang tidak dibutuhkan, dan tergoda oleh diskon dan tren. Dan ada faktor penyebab masyarakat berperilaku konsumtif yaitu Faktor internal seperti kesadaran diri, gaya hidup Islami, serta perbandingan harga menjadi pertimbangan dalam berbelanja. Sedangkan faktor eksternal, seperti pengaruh teman, review dari influencer, dan promosi di media sosial, juga sangat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi akademis dalam menambah referensi mengenai dampak Platform Tiktok Shop Terhadap perilaku konsumtif masyarakat muslim pedesaan. Secara keseluruhan, adanya Tiktok Shop ini menjadikan masyarakat agar lebih mudah dalam melakukan aktivitas berbelanja secara online tanpa terkendala jarak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Tiktok Shop en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.title DAMPAK PLATFORM TIKTOK SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MUSLIM PEDESAAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account