dc.description.abstract |
Anggraini Dwi Astuti (2025) Dampak Platform Tiktok Shop Terhadap
Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Pedesaan Sepauk Kabupaten
Sintang. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, IAIN Pontianak.
Tujuan dari penelitan ini adalah 1. mengetahui dampak penggunaan
Tiktok Shop terhadap perilaku konsumtif masyarakat Muslim di pedesaan
Sepauk, Kabupaten Sintang dan 2. mengetahui Faktor yang mempengaruhi
masyarakat Muslim di Sepauk, Kabupaten Sintang dalam memutuskan untuk
berbelanja melalui TikTok Shop.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi
terhadap pengguna Tiktok Shop di kecamatan Sepauk. Analisis data
dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan,
dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif dan
negatif yang do timbulkan dengan adanya Platform Tiktok Shop ini. Dampak
Positif yang terjadi, yaitu memudahkan masyarakat desa dalam memperoleh
barang yang sulit ditemukan di sekitar mereka, menghemat waktu dan tenaga,
serta adanya efisiensi biaya. Dampak negatif, yaitu mendorong perilaku
konsumtif seperti boros, membeli barang yang tidak dibutuhkan, dan tergoda
oleh diskon dan tren. Dan ada faktor penyebab masyarakat berperilaku
konsumtif yaitu Faktor internal seperti kesadaran diri, gaya hidup Islami, serta
perbandingan harga menjadi pertimbangan dalam berbelanja. Sedangkan
faktor eksternal, seperti pengaruh teman, review dari influencer, dan promosi
di media sosial, juga sangat memengaruhi keputusan pembelian.
Penelitian ini memberikan kontribusi akademis dalam menambah
referensi mengenai dampak Platform Tiktok Shop Terhadap perilaku
konsumtif masyarakat muslim pedesaan. Secara keseluruhan, adanya Tiktok
Shop ini menjadikan masyarakat agar lebih mudah dalam melakukan aktivitas
berbelanja secara online tanpa terkendala jarak. |
en_US |