PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPOBIBUL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI MTs NAHDLATUS SYUBBAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.author Oktaviani, Yeni
dc.date.accessioned 2025-07-30T02:30:58Z
dc.date.available 2025-07-30T02:30:58Z
dc.date.issued 2025-07-03
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7073
dc.description.abstract YENI OKTAVIANI, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Papobibul terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat di Mts Nahdlatus Syubban: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN Pontianak), 2025. Penelitian ini terbatasi menjadi tiga tujuan utama untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan bulat sebelum diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga papobibul di MTs Nahdlatus Syubban; 2) hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan bulat setelah diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga papobibul di MTs Nahdlatus Syubban; 3) pengaruh penggunaan model inkuiri berbantuan alat peraga papobibul terhadap hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan bulat di MTs Nahdlatus Syubban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen yang dirancang dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di MTs Nahdlatus Syubban pada bulan April tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi kelas VII yang berjumlah 29 peserta didik di MTs Nahdlatus Syubban. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar soal tes pretes-posttet, lembar observasi serta dokumentasi dan foto. Uji validitas isi menggunakan perhitungan indeks Gregory, dengan hasil validitas soal pretest-posttest diperoleh CVR sebesar 1 kategori validitas sangat tinggi. Selanjutnya uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha diperoleh r = 0,618. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji Paired Sample T-Test. Hasil analisis data yang telah dilakukan menjawab ketiga tujuan penelitian yang telah diajukan: Pertama, rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan bulat sebelum diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga papobibul adalah 44,07; Kedua, rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan bulat setelah diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga papobibul adalah 88,52; Ketiga. berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga papobibul. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga Papobibul terhadap hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan bulat di MTs Nahdlatus Syubban. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inkuiri en_US
dc.subject Alat Peraga Papobibul en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPOBIBUL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI MTs NAHDLATUS SYUBBAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account