dc.description.abstract |
Intan Purnama Sari, dengan NIM 2224200112, 2025. Dinamika Preferensi
Kosmetik Dan Fashion Halal Pada Sosialita Muslimah Kota Pontianak
Fenomena meningkatnya konsumsi produk halal di kalangan muslimah Kota
Pontianak, khususnya sosialita, mencerminkan perpaduan antara religiusitas
dengan gaya hidup modern. Kelompok ini tidak hanya memprioritaskan kehalalan
produk kosmetik dan fashion sebagai pemenuhan syariat, tetapi juga sebagai
simbol identitas, status sosial, dan estetika muslimah perkotaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi
preferensi pembelian produk halal, bagaimana produk tersebut mencerminkan
identitas sosialita, serta strategi adaptif yang mereka terapkan terhadap
keterbatasan pasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan
studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi
partisipatif, dan dokumentasi dari lima informan utama yaitu sosialita muslimah
berusia 25–45 tahun di Kota Pontianak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi terhadap produk halal
dipengaruhi oleh kombinasi nilai religius, pengaruh sosial, pengetahuan dan
literasi produk serta kualitas estetika dan citra produk. Produk halal berperan
sebagai bentuk representasi spiritual sekaligus simbol status. Strategi yang
dilakukan sosialita dalam mengatasi keterbatasan produk halal mencakup seleksi
merek, serta pemanfaatan media sosial sebagai kanal rujukan dan promosi.
Temuan ini memperkaya wacana konsumsi simbolik dalam Islam serta
menawarkan kontribusi praktis bagi pelaku industri halal untuk memahami
kebutuhan segmen elit muslimah perkotaan. Penelitian ini juga menekankan
perlunya inovasi produk halal yang responsif terhadap nilai syariah dan selera
estetik. |
en_US |