Dinamika Preferensi Kosmetik Dan Fashion Halal Pada Sosialita Muslimah Kota Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Iqbal, Ichsan
dc.contributor.advisor Nurcholifah, Ita
dc.contributor.author Sari, Intan Purnama
dc.date.accessioned 2025-07-29T07:54:34Z
dc.date.available 2025-07-29T07:54:34Z
dc.date.issued 2025-07-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7066
dc.description.abstract Intan Purnama Sari, dengan NIM 2224200112, 2025. Dinamika Preferensi Kosmetik Dan Fashion Halal Pada Sosialita Muslimah Kota Pontianak Fenomena meningkatnya konsumsi produk halal di kalangan muslimah Kota Pontianak, khususnya sosialita, mencerminkan perpaduan antara religiusitas dengan gaya hidup modern. Kelompok ini tidak hanya memprioritaskan kehalalan produk kosmetik dan fashion sebagai pemenuhan syariat, tetapi juga sebagai simbol identitas, status sosial, dan estetika muslimah perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi preferensi pembelian produk halal, bagaimana produk tersebut mencerminkan identitas sosialita, serta strategi adaptif yang mereka terapkan terhadap keterbatasan pasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dari lima informan utama yaitu sosialita muslimah berusia 25–45 tahun di Kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi terhadap produk halal dipengaruhi oleh kombinasi nilai religius, pengaruh sosial, pengetahuan dan literasi produk serta kualitas estetika dan citra produk. Produk halal berperan sebagai bentuk representasi spiritual sekaligus simbol status. Strategi yang dilakukan sosialita dalam mengatasi keterbatasan produk halal mencakup seleksi merek, serta pemanfaatan media sosial sebagai kanal rujukan dan promosi. Temuan ini memperkaya wacana konsumsi simbolik dalam Islam serta menawarkan kontribusi praktis bagi pelaku industri halal untuk memahami kebutuhan segmen elit muslimah perkotaan. Penelitian ini juga menekankan perlunya inovasi produk halal yang responsif terhadap nilai syariah dan selera estetik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Sosialita Muslimah en_US
dc.subject Preferensi en_US
dc.subject Kosmetik Halal en_US
dc.subject Fashion Halal en_US
dc.title Dinamika Preferensi Kosmetik Dan Fashion Halal Pada Sosialita Muslimah Kota Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account