dc.description.abstract |
Siti Nur’aini (12115086). Peran Media Sosial Facebook Sebagai Media Promosi Pada Toko Abah Collection. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Tahun 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Menganalisis peran media sosial facebook pada Toko Abah Collection. (2) Mengidentifikasi strategi promosi yang diterapkan oleh Toko Abah Collection melalui platform Facebook.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Facebook berperan sebagai sarana utama dalam membangun branding, menjalankan strategi marketing, menjalin komunikasi, meskipun belum menciptakan efek viral. (2) Strategi promosi yang diterapkan dengan pendekatan AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action), meliputi unggahan konten visual produk, konsistensi dalam mengunggah serta berinteraksi dengan konsumen, eksposur konten yang kemudian mampu menumbuhkan keinginan untuk memiliki produk, lalu toko berhasil mendorong konsumen untuk melakukan transaksi dengan memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam proses pembelian menggunakan Messenger dan WA. |
en_US |