PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PADA PEDAGANG PASAR RAKYAT NGABANG KABUPATEN LANDAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Saragih, Eka Junila
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Gunawan, M.Wawan
dc.contributor.author Widiastuti, Wahyu Fina
dc.date.accessioned 2025-07-29T01:50:48Z
dc.date.available 2025-07-29T01:50:48Z
dc.date.issued 2025-06-30
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7050
dc.description.abstract FINA WAHYU WIDIASTUTI: Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Pasar Rakyat Ngabang Kabupaten Landak, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui pengetahuan para pedagang tentang etika bisnis Islam. 2. Untuk mengetahui aktivitas jual beli para pedagang dilingkungan pasar Rakyat Ngabang Kabupaten Landak telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. 3. Untuk mengetahui aktivitas jual beli dilingkungan pasar Rakyat Ngabang Kabupaten Landak dilandasi etika bisnis Islam. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan penelitian kualitatif sumber data dari penelitian ini berupa data primer yaitu: 15 pedagang, 5 pembeli, dan 1 pengawas di pasar Rakyat Ngabang. Teknik dan Instrumen pengumpulan data ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: Reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan tahap akhir dengan melakukan uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Berdasarkan data dan pembahasannya dapat di simpulkan bahwa: 1. Penerapan etika bisnis Islam dalam aktivitas jual beli para pedagang di Pasar Rakyat Ngabang, Kabupaten Landak. Hasil temuan menunjukkan bahwa pengetahuan pedagang tentang etika bisnis Islam mulai tumbuh melalui partisipasi aktif mereka dalam ceramah dan penyuluhan keagamaan. 2. Aktivitas jual beli secara umum telah mencerminkan prinsip-prinsip etika Islam, seperti kejujuran, keadilan, otonomi, dan saling menguntungkan. 3. Kesadaran bahwa jual beli merupakan bagian dari ibadah turut mendorong pedagang untuk menjalankan usahanya dengan niat yang benar, menjaga kejujuran dalam timbangan, serta menetapkan harga secara wajar. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai etika Islam tidak hanya dipahami secara konseptual, tetapi juga diimplementasikan dalam praktik sehari-hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Etika Bisnis Islam en_US
dc.subject Jual Beli en_US
dc.title PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PADA PEDAGANG PASAR RAKYAT NGABANG KABUPATEN LANDAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account