DAMPAK ONLINE SHOP TERHADAP EKONOMI PEDAGANG PAKAIAN PASAR TRADISIONAL DI KECAMATAN MELIAU KABUPATEN SANGGAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Ulum, Bahrul
dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Bilhaq, M.Agus Muhtadi
dc.contributor.author Padella, Tiessa
dc.date.accessioned 2025-07-29T01:44:17Z
dc.date.available 2025-07-29T01:44:17Z
dc.date.issued 2025-07-10
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7049
dc.description.abstract Tiessa Padella (12103073). “Dampak Online Shop Terhadap Ekonomi Pedagang Pakaian Pasar Tradisional di Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau”. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi dampak online shop terhadap ekonomi pedagang pakaian di pasar tradisional Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau. 2) mengidentifikasi strategi yang digunakan pedagang pakaian di pasar tradisional Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi secara langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pedagang pakaian, dan kosumen atau pembeli. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kehadiran online shop memberikan dampak signifikan terhadap penurunan pendapatan para pedagang pakaian. Sebelum penggunaan online shop menjadi populer, pedagang dapat memperoleh pendapatan harian sebesar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000, tetapisetelahnya menurun menjadi sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 bahkan tidak mendapatkan pendapatan sama sekali. Omset bulanan juga turun dari Rp 10.000.000 hingga Rp 25.000.000 menjadi Rp 400.000 hingga Rp 4.000.000. Menghadapi situasi seperti ini, pedagang menggunakan berbagai strategi, seperti menjual barang yang banyak dicari konsumen, menyesuaikan harga dengan harga pasar online, menjaga kualitas produk, serta mencari bisnis tambahan untuk menambah pendapatan. Strategi ini digunakan untuk bertahan hidup di tengah tingginya persaingan dengan platform online shop yang semakin berkembang di masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Online Shop en_US
dc.subject Ekonomi Pedagang en_US
dc.subject Pasar Tradisional en_US
dc.subject Strategi Bertahan. en_US
dc.title DAMPAK ONLINE SHOP TERHADAP EKONOMI PEDAGANG PAKAIAN PASAR TRADISIONAL DI KECAMATAN MELIAU KABUPATEN SANGGAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account