ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN KHAZANAH MASAKAN MELAYU DI PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Harahap, Rina Mandara
dc.contributor.advisor Julianto, Julianto
dc.contributor.advisor Ilmi, Syaiful
dc.contributor.advisor Zarkasi, Zarkasi
dc.contributor.author JULIANTI, SONIA
dc.date.accessioned 2025-07-29T01:08:18Z
dc.date.available 2025-07-29T01:08:18Z
dc.date.issued 2025-07-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7046
dc.description.abstract Sonia Julianti 12115100, Analisis Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Khazanah Masakan Melayu Di Pontianak Timur. Skripsi Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pemasaran pada unsur produk (Product) rumah makan khazanah masakan melayu, (2) Strategi pemasaran pada unsur harga (Price) rumah makan khazanah masakan melayu, (3) Strategi pemasaran pada unsur tempat ( Place) rumah makan khazanah masakan melayu, (4) Strategi pemasaran pada unsur promosi (Promotion) rumah makan khazanah masakan melayu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik dan Alat pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, kesimpulan dan verifikasi dan kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi pemasaran pada unsur produk (product) yakni dengan menawarkan berbagai pilihan menu khas Melayu yang memiliki rasa autentik. Kualitas makanan tetap terjaga melalui seleksi bahan baku yang berkualitas dan proses pengolahan yang konsisten, sehingga mampu memenuhi ekspektasi pelanggan. Keunikan menu ini menjadi keunggulan yang menarik minat konsumen dan membedakan rumah makan ini dari pesaing. (2) Strategi pemasaran pada unsur harga (Price) yakni dengan memperhatikan kemampuan beli masyarakat sekitar serta harga pasar dari bisnis serupa. Harga yang ditawarkan dianggap cukup terjangkau oleh pelanggan dan seimbang dengan kualitas makanan yang disajikan, sehingga menciptakan persepsi positif dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. (3) Strategi pemasaran pada unsur tempat (Place) yakni dengan rumah makan yang berada di tepi jalan utama memberikan kemudahan akses bagi pelanggan, baik dari warga sekitar maupun pengendara yang singgah. Fasilitas seperti lahan parkir yang memadai dan kebersihan tempat turut berkontribusi meningkatkan kenyamanan pengunjung. (4) Strategi pemasaran pada unsur promosi (Promotion) yakni dilakukan melalui rekomendasi dari pelanggan setia serta pemanfaatan media sosial dan layanan pemesanan online melalui WhatsApp untuk memperluas jangkauan pasar. Meski demikian, promosi digital masih perlu ditingkatkan agar lebih efektif dalam menarik pelanggan baru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi pemasaran en_US
dc.subject Bauran Pemasaran en_US
dc.subject Produk en_US
dc.subject Harga en_US
dc.subject Tempat en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Rumah makan khazanah masakan melayu en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN KHAZANAH MASAKAN MELAYU DI PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account