PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL ULUM MATANG DANAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.advisor Rustanuarsih, Ressy
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Mutia, Ade
dc.date.accessioned 2025-07-28T03:40:14Z
dc.date.available 2025-07-28T03:40:14Z
dc.date.issued 2025-07-10
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7023
dc.description.abstract ADE MUTIA, Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Materi Teorema Pythagoras pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Darul Ulum Matang Danau: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan model discovery learning berbantuan media puzzle pada materi Teorema Phytagoras peserta didik kelas VIII MTs Darul Ulum Matang Danau; 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTs Darul Ulum Matang Danau; 3) Menganalisis perbedaan penggunaan model discovery learning berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII materi Teorema Phytagoras MTs Darul Ulum Matang Danau; 4) Menganalisis besar pengaruh yang signifikan pada penggunaan model discovery learning berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII materi Teorema Phytagoras MTs Darul Ulum Matang Danau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental (Eksperimen semu) yang dirancang dengan desain Nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada, yaitu 50 peserta didik kelas VIII. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: 1) Teknik Tes dengan instrumen Soal Tes; 2) Teknik Observasi dengan instrumen Lembar Observasi; 3) Teknik Studi Dokumen dengan instrumen Alat Elektronik. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan statistik inferensial yaitu Independent Sample T-Test. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Penggunaan model Discovery Learning berbantuan media puzzle di kelas eksperimen termasuk kategori sangat tinggi, karena dilihat dari rata-ratanya sebesar 1 dengan persentase sebesar 100 %. Dimulai dari tahap Stimulatin, Problem Statement, Data Collection, Data Processing, Verification, hingga Generalization 2) Kelas eksperimen menunjukkan hasil nilai rata-rata pretest sebesar 49,68 dengan persentase 67% kategori baik dan nilai rata – rata posttest sebesar 76,08 dengan persentase 76% kategori baik sekali. Kelas kontrol menunjukkan hasil nilai rata-rata pretest sebesar 49,76 dengan persentase 61% kategori baik dan nilai rata-rata post-test sebesar 68,92 dengan persentase 77% kategori baik sekali; 3) Terdapat perbedaan penggunaan model Discovery Learning berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar materi teorema pythagoras pada peserta didik kelas VIII MTs Darul Ulum Matang Danau. 4) Besar pengaruh model discovery learning berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar materi teorema pythagoras peserta didik dilihat dari skor perolehan effect size sebesar 0,59 dengan kategori baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Discovery Learning en_US
dc.subject Media Puzzle en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL ULUM MATANG DANAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account