HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NURUL-ULUM DESA SUNGAI ENAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Wahidah, Nurul
dc.contributor.advisor Amalia, Kiki
dc.contributor.advisor Oktaviana, Sherli Kurnia
dc.contributor.author PATIMA, SITI
dc.date.accessioned 2025-07-28T03:02:55Z
dc.date.available 2025-07-28T03:02:55Z
dc.date.issued 2025-07-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7017
dc.description.abstract SITI PATIMA, (12114046)., “Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMP Nurul-Ulum Desa Sungai Enau” : Fakultas Ushuluddin dan Adab Prodi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2025. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui seberapa besar tingkat dukungan sosial peserta didik di SMP Nurul-Ulum Desa Sungai Enau. 2). Untuk mengetahui seberapa tingkat motivasi belajar peserta didik di SMP Nurul-Ulum Desa Sungai Enau. 3). Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar peserta didik di SMP Nurul-Ulum. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang terindikasi dari perilaku malas belajar, bolos, dan kurangnya perhatian terhadap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 82 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui skala Likert yang mengukur dukungan sosial dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial siswa berada pada kategori tinggi dengan koefisien reliabilitas 0,879, sedangkan motivasi belajar siswa juga tergolong baik dengan koefisien reliabilitas 0,706. Uji normalitas menunjukkan bahwa data dukungan sosial tidak terdistribusi normal (p = 0,001), sedangkan data motivasi belajar terdistribusi normal (p = 0,200). Meskipun terdapat hubungan linier antara dukungan sosial dan motivasi belajar, analisis korelasi Pearson menunjukkan nilai yang sangat kecil (0,009) dan tidak signifikan (p = 0,376), yang mengindikasikan bahwa dukungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun dukungan sosial memiliki peran dalam mempengaruhi motivasi belajar, tidak terdapat hubungan signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar peserta didik di SMP Nurul-Ulum Desa Sungai Enau. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua untuk lebih memperhatikan dukungan sosial yang diberikan kepada siswa guna meningkatkan motivasi belajar mereka en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Dukungan Sosial Motivasi Belajar en_US
dc.title HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NURUL-ULUM DESA SUNGAI ENAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account