PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, KEPERCAYAAN, DAN PERILAKU GENERASI Z TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK MEGA SYARIAH KC PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Firman, Firman
dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.advisor Rahmawati, Nurul
dc.contributor.author Firdaus, Kaffah
dc.date.accessioned 2025-07-28T02:10:24Z
dc.date.available 2025-07-28T02:10:24Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7008
dc.description.abstract Kaffah Firdaus, Pengaruh Pemasaran Media Social Kepercayaan Dan Perilaku Generasi Z Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Mega Syariah Kc Pontianak. Faktultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Era transformasi digital telah membawa perubahan signifikan, menempatkan media sosial sebagai alat pemasaran esensial untuk menjangkau Generasi Z. Di Indonesia, data tahun 2024 menunjukkan penetrasi internet dan penggunaan media sosial yang tinggi, dengan Generasi Z sebagai populasi terbesar di Pontianak, berpotensi besar bagi perbankan syariah. Namun, promosi bank syariah di media sosial seringkali dinilai kurang menarik, menyebabkan rendahnya minat Generasi Z, sebagaimana terlihat dari perbedaan mencolok jumlah pengikut media sosial Bank Mega Syariah dengan bank konvensional.Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemasaran media sosial, kepercayaan, dan perilaku Generasi Z terhadap minat menjadi nasabah Bank Mega Syariah KC. Pontianak. Menggunakan metode kuantitatif eksplanatori dengan purposive sampling terhadap 100 Generasi Znon-nasabah di Pontianak, teknik penyebaran data menguunakan kuesioner (google form) data ini dianalisis menggunakan alat statistik Partial Least Squares (PLS). Hasil menunjukkan bahwa pengaruh media sosial terhadap minat menjadi nasabah adalah positif dan signifikan, mengindikasikan semakin efektif Bank Mega Syariah menggunakan media sosial, semakin besar potensi menarik minat Generasi Z. Kepercayaan juga bersifat positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi nasabah, artinya tingkat kepercayaan Generasi Z secara langsung meningkatkan minat mereka. Terakhir, perilaku Generasi Z berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah, menekankan pentingnya pemahaman bank terhadap perilaku generasi digital ini untuk strategi promosi digital yang optimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pemasaran Media Sosial en_US
dc.subject Kepercayaan en_US
dc.subject Perilaku en_US
dc.subject Minat Nasabah en_US
dc.subject Generasi Z en_US
dc.subject Bank Syariah en_US
dc.title PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, KEPERCAYAAN, DAN PERILAKU GENERASI Z TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK MEGA SYARIAH KC PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account