dc.description.abstract |
Nur Asyura, 12115037. Peran Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Penjualan Fashion Muslimah Atya Galeri. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui peran media sosial facebook dalam memasarkan produk fashion muslimah di toko Atya Galeri. 2) Untuk mengetahui peningkatan penjualan Atya Galeri setelah menggunakan media sosial facebook.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung (observasi) dan wawancara mendalam (depth interview) serta melakukan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data Sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarik kesimpulan. Kemudian, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Facebook memainkan peran krusial dalam strategi pemasaran Atya Galeri, sebuah toko fashion muslimah. Melalui enam fungsi utama sebagai sarana perkenalan produk, interaksi dengan konsumen, penyebaran informasi promosi, pembangunan loyalitas, penjangkauan target pasar, dan penjaga citra usaha Facebook terbukti efektif mendukung pertumbuhan bisnis. Dampaknya terlihat nyata dalam peningkatan penjualan yang signifikan, yaitu sebesar 133,42% dari tahun 2017 hingga 2024, setelah penggunaan aktif Facebook sejak 2018. Selain itu, biaya promosi yang efisien meningkatkan laba usaha, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat kepercayaan konsumen. Dengan demikian, Facebook menjadi alat pemasaran yang strategis dan berpengaruh bagi perkembangan Atya Galeri. |
en_US |